Peran pengasuhan dalam mengembangkan potensi fisik dan motorik anak (studi kasus POS PAUD Pelangi Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang) / Aminuddin Aziz

Main Author: Aziz, Aminuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/5345/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANAzizAminuddin2018.PeranPengasuhanDalamMengembangkanPotensiFisikdanMotorikAnak(StudiKasusPOSPAUDPelangiKelurahanPolowijenKecamatanBlimbingKotaMalang).SkripsiJurusanPendidikanLuarSekolah.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.EllynSugengDS.PdM.Pd(2)SopingiS.SosM.PdKataKunciPeranPengasuhandanPotensiFisikMotorikAnakAnakadalahgenerasipenerusbangsadipundakmerekalahkelakbangsainiakanmenujukearahmanauntukitulahorangtuaberkewajibanuntukmenerapkanmodelpolaasuhyangsesuaiuntukmenumbuhkanpotensianak.Berdasarkanalasanitulahkesadaranakanartipentinggenerasipenerusyangberkualitasmengharuskanorangtuaharusseriusdalammembekalianakdenganpendidikanyangbaikagardirinyamenjadimanusiaseutuhnyadanmenjadigenerasiyanglebihbaikdaripendahulunya.Modelpolaasuhorangtuaadalahsalahsatupenentuseoranganakberhasilsuatusaatnantinya.Modelpolaasuhorangtuayangbaikterhadapanakakanberdampakbaikjugabagitumbuhkembangkecerdasansertaprilakuanakdansebaliknyamodelpolaasuhorangtuayangsalahterhadapanakakanmempengaruhitumbuhkembangkecerdasansertaperilakuanaksecaratidakbaik.Tujuanpenelitianiniadalahpertamamendeskripsikanpemahamanorangtuaterkaitpotensifisikdanmotorikanak.Keduamendeskipsikanupayaorangtuadalammengembangkanpotensifisikdanmotorikanak.MetodePenelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganpendekatanstudifenomenologi.Tehnikpenggumpulandatamenggunakanobservasiwawancaradandokumentasi.Analisdatainimenggunakansiklusinteraktif.Pengecekankeabsahandatamenggunakantriangulasiteknikdansumber.Kesimpulandaripenelitianiniadalahpertamapemahaanorangtuaterkaitpotensifisikadalahpertumbuhantinggibadanberatbadandanlingkarkepala.Sedangkanpotensimotorikadalahkecakapananakdalammelakukanaktifitassehari-hariyangumumdilakukanolehanakkecilsepertiberlarimelompatmenggambarmakanminumberbicaradanmemakaibajusendiri.Keduaupayaorangtuadalammengembangkanpotensifisikadalahmemenuhikebutuhanpangananakadalahuntukpotensifisikanakorangtuamemberikanasupangizisepertisususayuranserealbuah-buahan.Sedangkanmengembamgkanpotensimotorikanakorangtuamemberikansebuahalatpermainanyanginovatifsepertibongkarpasanggambarbukugambarpensilgambar.Saranpenelitikepadaorangtuaadalahapabilapadasaatmemilihpolaasuhotoriteruntukmengembangkanpotensifisikdanmotorianaksebaiknyamenggunakanprinsipsabardanrasasayangdemikebaikanpertumbuhananakitusendiri.Apabilapolaasuhotoritermenggunakanperasaanmarahdankebencianmakaanakakantumbuhdengansifatpemarahdanberontak.Halitutentunyaakanberakibatkepadaseluruhpotensiyangdimilikianaktidakakantumbuhsecaraoptimal.