Peran pengasuhan dalam mengembangkan potensi fisik dan motorik anak (studi kasus POS PAUD Pelangi Kelurahan Polowijen Kecamatan Blimbing Kota Malang) / Aminuddin Aziz
Main Author: | Aziz, Aminuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/5345/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANAzizAminuddin2018.PeranPengasuhanDalamMengembangkanPotensiFisikdanMotorikAnak(StudiKasusPOSPAUDPelangiKelurahanPolowijenKecamatanBlimbingKotaMalang).SkripsiJurusanPendidikanLuarSekolah.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.EllynSugengDS.PdM.Pd(2)SopingiS.SosM.PdKataKunciPeranPengasuhandanPotensiFisikMotorikAnakAnakadalahgenerasipenerusbangsadipundakmerekalahkelakbangsainiakanmenujukearahmanauntukitulahorangtuaberkewajibanuntukmenerapkanmodelpolaasuhyangsesuaiuntukmenumbuhkanpotensianak.Berdasarkanalasanitulahkesadaranakanartipentinggenerasipenerusyangberkualitasmengharuskanorangtuaharusseriusdalammembekalianakdenganpendidikanyangbaikagardirinyamenjadimanusiaseutuhnyadanmenjadigenerasiyanglebihbaikdaripendahulunya.Modelpolaasuhorangtuaadalahsalahsatupenentuseoranganakberhasilsuatusaatnantinya.Modelpolaasuhorangtuayangbaikterhadapanakakanberdampakbaikjugabagitumbuhkembangkecerdasansertaprilakuanakdansebaliknyamodelpolaasuhorangtuayangsalahterhadapanakakanmempengaruhitumbuhkembangkecerdasansertaperilakuanaksecaratidakbaik.Tujuanpenelitianiniadalahpertamamendeskripsikanpemahamanorangtuaterkaitpotensifisikdanmotorikanak.Keduamendeskipsikanupayaorangtuadalammengembangkanpotensifisikdanmotorikanak.MetodePenelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganpendekatanstudifenomenologi.Tehnikpenggumpulandatamenggunakanobservasiwawancaradandokumentasi.Analisdatainimenggunakansiklusinteraktif.Pengecekankeabsahandatamenggunakantriangulasiteknikdansumber.Kesimpulandaripenelitianiniadalahpertamapemahaanorangtuaterkaitpotensifisikadalahpertumbuhantinggibadanberatbadandanlingkarkepala.Sedangkanpotensimotorikadalahkecakapananakdalammelakukanaktifitassehari-hariyangumumdilakukanolehanakkecilsepertiberlarimelompatmenggambarmakanminumberbicaradanmemakaibajusendiri.Keduaupayaorangtuadalammengembangkanpotensifisikadalahmemenuhikebutuhanpangananakadalahuntukpotensifisikanakorangtuamemberikanasupangizisepertisususayuranserealbuah-buahan.Sedangkanmengembamgkanpotensimotorikanakorangtuamemberikansebuahalatpermainanyanginovatifsepertibongkarpasanggambarbukugambarpensilgambar.Saranpenelitikepadaorangtuaadalahapabilapadasaatmemilihpolaasuhotoriteruntukmengembangkanpotensifisikdanmotorianaksebaiknyamenggunakanprinsipsabardanrasasayangdemikebaikanpertumbuhananakitusendiri.Apabilapolaasuhotoritermenggunakanperasaanmarahdankebencianmakaanakakantumbuhdengansifatpemarahdanberontak.Halitutentunyaakanberakibatkepadaseluruhpotensiyangdimilikianaktidakakantumbuhsecaraoptimal.