Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X SMAN 7 Malang / Windi Andika Lufitasari
Main Author: | Lufitasari, Windi Andika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53447/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLufitasariWindiAndikaEka.2016.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningTerhadapKemampuanMemecahkanMasalahPesertaDidikKelasXSMAN7Malang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoSHM.PdM.Si(2)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KataKunciModelPembelajaranProblemBasedLearningKemampuanMemecahkanMasalahPembelajarangeografidiSMAmenuntutpesertadidikuntukberpikirtingkattinggisalahsatunyayaitukemampuanmemecahkanmasalah.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmelatihkemampuanmemecahkanmasalahpesertadidikadalahProblemBasedLearning(PBL).Penerapanmodelpembelajaraninididalamkelasmemilkikelebihandiantaranyamendorongpesertadidikuntukbekerjasamadalammenyelesaikansuatumasalahsecaraberkelompokmelibatkanmerekadalampenyelidikandanmembantumerekabelajarsecaramandiri.PenelitianinibertujuanuntukmembuktikanadanyapengaruhmodelProblemBasedLearningterhadapkemampuanmemecahkanmasalahpesertadidikpadamatapelajarangeografi.JenispenelitiantermasukQuasiEksperiment.PenelitiandilaksanakandiSMAN7Malang.Rancanganyangdigunakanposttestcontrolgroupdesign.AnalisisdatapenelitianyangdigunakanUjiStatistikParametrikdenganbantuanSPSS16.0forwindows.Instrumenpenilaianmenggunakansoalessaiyangsebelumnyatelahdiujivaliditasdanreliabelitasnyakemudiandiberikansesudahperlakuanpenelitian.AnalisisyangdigunakanadalahIndependentsampelt-test.Berdasarkanhasilanalisist-testdidapatkanbahwanilaisignifikansiadalah004