Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X SMAN 7 Malang / Windi Andika Lufitasari

Main Author: Lufitasari, Windi Andika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53447/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLufitasariWindiAndikaEka.2016.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningTerhadapKemampuanMemecahkanMasalahPesertaDidikKelasXSMAN7Malang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoSHM.PdM.Si(2)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KataKunciModelPembelajaranProblemBasedLearningKemampuanMemecahkanMasalahPembelajarangeografidiSMAmenuntutpesertadidikuntukberpikirtingkattinggisalahsatunyayaitukemampuanmemecahkanmasalah.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmelatihkemampuanmemecahkanmasalahpesertadidikadalahProblemBasedLearning(PBL).Penerapanmodelpembelajaraninididalamkelasmemilkikelebihandiantaranyamendorongpesertadidikuntukbekerjasamadalammenyelesaikansuatumasalahsecaraberkelompokmelibatkanmerekadalampenyelidikandanmembantumerekabelajarsecaramandiri.PenelitianinibertujuanuntukmembuktikanadanyapengaruhmodelProblemBasedLearningterhadapkemampuanmemecahkanmasalahpesertadidikpadamatapelajarangeografi.JenispenelitiantermasukQuasiEksperiment.PenelitiandilaksanakandiSMAN7Malang.Rancanganyangdigunakanposttestcontrolgroupdesign.AnalisisdatapenelitianyangdigunakanUjiStatistikParametrikdenganbantuanSPSS16.0forwindows.Instrumenpenilaianmenggunakansoalessaiyangsebelumnyatelahdiujivaliditasdanreliabelitasnyakemudiandiberikansesudahperlakuanpenelitian.AnalisisyangdigunakanadalahIndependentsampelt-test.Berdasarkanhasilanalisist-testdidapatkanbahwanilaisignifikansiadalah004