Pengaruh model pembelajaran time token terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 6 Malang / Achmad Faisol Choliq
Main Author: | Choliq, Achmad Faisol |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53444/ |
Daftar Isi:
- CholiqAchmadFaisol.2015.PengaruhModelPembelajaranTimeTokenTerhadapKeaktifandanHasilBelajarPesertaDidikPadaMataPelajaranGeografidiSMANegeri6Malang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SudarnoHerlambangM.Si(II)Drs.RudiHartonoM.SiKataKunciTimeTokenKeaktifanHasilBelajarPendidikanadalahusahayangdengansengajadirancanguntukmencapaitujuanyangtelahditetapkan.Pendidikanbertujuanuntukmeningkatkankualitassumberdayamanusiayangberkualitas.Salahsatuusahauntukmeningkatkansumberdayaadalahdengankualitasprosespembelajarandisekolah.Pembelajaranmerupakanprosesinteraksiyangterjadiantarapesertadidikdenganguruagarpesertadidikmendapatpengalamanbelajardarikegiatantersebut.Pelaksanaanpembelajaranmempunyaitujuantertentuyanghendakdicapai.Pembelajarandapatmendidikpesertadidikmenjadipribadiyangmempunyaiintelektualdanperilakuyangbaik.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranTimeTokenterhadapkeaktifanpesertadidikdanhasilbelajarpesertadidikpadamatapelajarangeografidikelasXISMANegeri6Malangdanpenelitianinitermasukjeniseksperimensemu(QuasiEksperiment)dengansubjekpenelitianadalahpesertadidikkelasXIyaitukelasXIIPS2sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS3sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupalembarobservasiuntukmengetahuikeaktifanpesertadidikdansoal-soaltesyaitupra-tesdanpasca-tesuntukmemperolehdatahasilbelajarpesertadidik.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahujianovasatujalur(OneWayAnova)yangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.0forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadanyapengaruhmodelpembelajaranTimeTokenterhadapkeaktifandanhasilbelajarpesertadidikpadamatapelajarangeografidiSMANegeri6Malang.Haltersebutdidasarkanpadahasilujianovakeaktifanpesertadidikyangdidapatnilaisebesarp(0030