Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Lawang / Nur Chamidah
Main Author: | Chamidah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53436/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKChamidahNur.2016.PengaruhModelPembelajaranStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE)TerhadapKemampuanPemahamanKonsepPesertaDidikPadaMataPelajaranGeografidiSMANegeri1Lawang.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MustofaM.Pd(II)Drs.MarhadiSlametKistiyantoM.Si.KataKunciStudentFacilitatorAndExplainingKemampuanPemahamanKonsepSalahsatumodelpembelajaranyangmampumelatihkemampuanpemahamankonsepadalahmodelpembelajaranStudentFacilitatorAndExplaining(SFAE).Modelpembelajaraninimelatihpesertadidikuntukbelajarmenyampaikanidedangagasannyadenganadanyaperanfasilitatordidalamkelompokkecil.Adanyafasilitatortemansebayamembuatpesertadidiklebihmudahdalammemahamimaterikarenaberkurangnyarasacanggungdanmeningkatnyamotivasipesertadidiktersebut.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahadapengaruhmodelpembelajaranSFAEterhadapkemampuanpemahamankonseppesertadidikpadamatapelajarangeografikelasXdiSMAN1Lawang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemudengandesainpratesdanpascatescontrolgroupdesign.Sampeldalampenelitianiniterdiridariduakelompokyaitukelompokeksperimendankelompokkontrol.KelompokeksperimenyaitupesertadidikkelasXIIS4yangdiberiperlakuandenganmodelpembelajaranSFAEdankelompokkontrolyaitupesertadidikkelasXIIS3yangtidakdiberiperlakuankhusus.Pemilihankelastersebutberdasarkankesetaraannilaiulanganharianpesertadidikpadamatapelajarangeografi.Teknikpengumpulandatamenggunakantesessai.Analisisdatayangdigunakanadalahuji-tuntukmengujihipotesis.Hasildaripenelitianinimenjelaskan(1)hasilujihipotesismenunjukannilaisignifikanatauprobabilitas0000yangH1diterimakarena0000