Pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan media video terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang / Fransiska Devi Yuda

Main Author: Yuda, Fransiska Devi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53423/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYudaFransiskaDevi.2016.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningMenggunakanMediaVideoTerhadapKemampuanBerpikirAnalitisPesertaDidikKelasXIIISdiSMANegeriILawang.Skripsi.PendidikanGeografiSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si(II)Drs.MustofaM.PdKataKuncimodelpembelajaranProblemBasedLearningberpikiranalitismediavideoAlasankuatyangmendasaripenelitianiniyaituadanyaperpaduanantaramodelpembelajaranProblemBasedLearningdenganmenggunakanmediavideoyangmampumengembangkankemampuanberpikirtingkattinggisalahsatunyakemampuanberpikiranalitispesertadidikdalammemecahkansuatumasalah.ModelpembelajaranProblemBasedLearningmenggunakanmediavideomerupakanmodelpembelajaranyangmenyajikanpermasalahannyatadimanasuatumasalahditampilkanmelaluitayanganvideo.Penerapanmodelpembelajaraninididalamkelasmemilikikelebihandiantaranyamendorongpesertadidikuntukbekerjasamadalammenyelesaikansuatumasalahyangadadalamvideosecaraberkelompokmelibatkanmerekadalampenyelidikanpilihansendiridanmembantumerekabelajarsecaramandiri.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningmenggunakanmediavideoterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikpadakelasXIIISdiSMANegeriILawang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendengandesignpenelitianposttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianyaitukelasXISMANegeriILawangyangterdiridari5kelas.Pengambilansampeldilakukandengantekniksimplerandomsamplingberdasarkannilairata-rataUASsemestergenaptahunajaran2015/2016.Daritekniktersebutmakadiperoleh2kelasyaknikelasXIIIS2sebagaikelaseksperimendanXIIIS1sebagaikelaskontrol.Instrumentyangdigunakanberupasoalessayyangterdiridari5soal.Teknikanalisisdatauntukmengujihipotesismenggunakanujistatistikparametrikyakniujit.HasilpenelitianmembuktikanbahwamodelpembelajaranProblemBasedLearningmenggunakanmediavideoberpengaruhsignifikanterhadapkemampuanbepikiranalitispadakelasXIIISdiSMANegeriILawang.Haltersebutditunjukkaandengannilaisig.2tailedsebesar0.000karenanilaiprobabilitashasilujitsebesar0.0000.05dannilairata-ratakelaseksperimenlebihtinggiyakni78.61dibandingkelascontrolyakni66.50makaH0ditolak.SehinggadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranProblemBasedLearningmenggunakanmediavideoberpengaruhsignifikanterhadapkemampuanberpikiranalitispadakelasXIIISSMANegeriILawang.