Pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan media video terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI IIS di SMA Negeri I Lawang / Fransiska Devi Yuda
Main Author: | Yuda, Fransiska Devi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53423/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYudaFransiskaDevi.2016.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningMenggunakanMediaVideoTerhadapKemampuanBerpikirAnalitisPesertaDidikKelasXIIISdiSMANegeriILawang.Skripsi.PendidikanGeografiSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si(II)Drs.MustofaM.PdKataKuncimodelpembelajaranProblemBasedLearningberpikiranalitismediavideoAlasankuatyangmendasaripenelitianiniyaituadanyaperpaduanantaramodelpembelajaranProblemBasedLearningdenganmenggunakanmediavideoyangmampumengembangkankemampuanberpikirtingkattinggisalahsatunyakemampuanberpikiranalitispesertadidikdalammemecahkansuatumasalah.ModelpembelajaranProblemBasedLearningmenggunakanmediavideomerupakanmodelpembelajaranyangmenyajikanpermasalahannyatadimanasuatumasalahditampilkanmelaluitayanganvideo.Penerapanmodelpembelajaraninididalamkelasmemilikikelebihandiantaranyamendorongpesertadidikuntukbekerjasamadalammenyelesaikansuatumasalahyangadadalamvideosecaraberkelompokmelibatkanmerekadalampenyelidikanpilihansendiridanmembantumerekabelajarsecaramandiri.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningmenggunakanmediavideoterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikpadakelasXIIISdiSMANegeriILawang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendengandesignpenelitianposttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianyaitukelasXISMANegeriILawangyangterdiridari5kelas.Pengambilansampeldilakukandengantekniksimplerandomsamplingberdasarkannilairata-rataUASsemestergenaptahunajaran2015/2016.Daritekniktersebutmakadiperoleh2kelasyaknikelasXIIIS2sebagaikelaseksperimendanXIIIS1sebagaikelaskontrol.Instrumentyangdigunakanberupasoalessayyangterdiridari5soal.Teknikanalisisdatauntukmengujihipotesismenggunakanujistatistikparametrikyakniujit.HasilpenelitianmembuktikanbahwamodelpembelajaranProblemBasedLearningmenggunakanmediavideoberpengaruhsignifikanterhadapkemampuanbepikiranalitispadakelasXIIISdiSMANegeriILawang.Haltersebutditunjukkaandengannilaisig.2tailedsebesar0.000karenanilaiprobabilitashasilujitsebesar0.0000.05dannilairata-ratakelaseksperimenlebihtinggiyakni78.61dibandingkelascontrolyakni66.50makaH0ditolak.SehinggadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranProblemBasedLearningmenggunakanmediavideoberpengaruhsignifikanterhadapkemampuanberpikiranalitispadakelasXIIISSMANegeriILawang.