Penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan model cooperative script untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi Lingkungan Hidup kelas XI IPS 2 di MAN Kota Batu / Muhamad Fanani
Main Author: | Fanani, Muhamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53418/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFananiMuhamad.2016.PenerapanPendekatanScientificdenganMenggunakanModelCooperativeScriptUntukMeningkatkanPemahamanKonsepPadaMateriLingkunganHidupkelasXIIPS2MANKotaBatu.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si(II)Drs.DjokoSoelistijoM.SiKatakunciScientificModelPembelajaranCooperativeScriptdanPemahamanKonsep.Pemahamanmerupakancarauntukmemahamikonsepataumateriyangdiperolehsiswadariguru.Kemampuanmemahamikonsepsangatpentinguntukdimilikiolehmasing-masingsiswakarenaakanmempermudahsiswadalammelakukankegiatanbelajarnyabaikdidalammaupundiluarkelas.Pentingnyakemampuanmemahamikonseppadakenyataannyamasihsulituntukdicapaiolehsetiapsiswa.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasXIIPS2MANKotaBatumenunjukanbeberapatemuanyangmengindikasikanrendahnyakemampuansiswadalammemahamikonsep.Temuantersebutantaralain1)siswamasihkesulitandalammemahamiisiartikelyangdiberikanolehguru2)hanyabeberapasiswasajayangaktifdalamkegiatanpembelajaran3)sebagianbesarmendapatkannilaiUHmaupunnilaiUTSdibawahstandarketuntasanminimal.Rendahnyakemampuansiswadalammemahamikonsepterjadikarenapenggunaanmetodedanmodeldalampembelajaranmasihkurangtepat.Tujuandaripenelitianiniadalahmenerapkanpendekatanscientificdenganmenggunakanmodelcooperativescriptuntukmeningkatkankemampuansiswadalammemahamikonsepkhususnyapadamaterilingkunganhidup.PenelitiandilaksanakandikelasXIIPS2denganjumlah31siswa.Kegiatanpenelitianinidilakukandalam2siklus.Instrumendalampenelitianiniialahsoaltespemahamankonsep.Teknikanalisisdatamenggunakangainscoreyaitudenganmembandingkannilairata-ratapemahamansiswapadasiklusIdansiklusII.Hasilyangdiperolehdaripenelitianiniadalahadanyapeningkatanpemahamankonsepsiswa.Rata-ratahasilpemahamankonsepsiswapadasiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar374.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwatelahterjadipeningkatanpemahamankonsep.Saranbagipenelitilanjutyangakanmelakukanpenelitianyangsamaadalahterlebihdahulumemodifikasitahapanmodeldengantepatsehinggabisadipadukandenganpendekatanscientific.