Pengaruh model pembelajaran Eart Science System in the Community (EartComm) terhadap kemampuan berpikir kreartyi peserta didik mata pelajaran geografi kelas X IPS SMA Laboratorium UM / Nur Wilda lailatul Fitria
Main Author: | Fitria, Nur Wilda Lailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53416/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLailatulFitriaNurWilda.2016.PengaruhModelPembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(Earthcomm)TerhadapKemampuanBerpikirKreatifPesertaDidikMataPelajaranGeografiKelasXIPSSMALaboratoriumUM.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd.(II)SyamsulBachriS.SiM.ScP.hd.KatakunciBerpikirKreatifEarthScienceSystemInTheCommunity(Earthcomm)ModelpembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(Earthcomm)ungguldalammengembangkankemampuanberpikirkreatifpesertadidikmelaluikegiatanmemecahkanmasalahdanmemberikansolusiyangberkaitandenganpermasalahanyangadadibumi.PembelajaranEarthcommjugamemberikanefekterhadapsikappenerimaanperbedaanantar-individubaikraskeragamandalamhalpenalarankomunikasidankoneksidenganmenggunakanteorikonstruktivismeyangartinyapesertadidikberinteraksisecaralangsungdenganobjekataufenomenasesungguhnyadilapangansertamodelpembelajaranberbasisinquiri.PenelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhmodelpembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(Earthcomm)terhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidikmatapelajarangeografikelasXIPSSMALaboratoriumUM.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimenkuasi(QuasiEsperimentalDesign)denganmenerapkanpretestposttestcontrolgroupdesign.LokasipenelitiandilaksanakandikelasXIPSSMALaboratoriumUMtahunajaran2015/2016yangterdiridari4kelas.SampelpenelitianpesertadidikkelasX.IPS3sebagaikelaseksperimendankelasX.IPS4sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianiniberupasoalesaiyangdilakukansebelumperlakuan(prates)dansetelahperlakuan(pascates).Analisisdatayangdigunakanberupaujiprasyaratyangmeliputiujinormalitasdanujihomogenitasdanujit(t-test).KesimpulanhasilpenelitianmodelpembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(Earthcomm)berpengaruhterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidikmatapelajarangeografikelasXIPSSMALaboratoriumUMUMpadaKompetensiDasarMenganalisisHubunganAntaraManusiaDenganLingkunganSebagaiAkibatdariDinamikaLitosferdenganmateripokokErosidanKerusakanTanah.Haltersebutdapatdilihatdarihasilujihipotesisyaitunilairata-ratabelajarterkaitdengankemampuanberpikirkreatifpesertadidikkelaseksperimenlebihtinggidibandingkandenganpesertadidikkelaskontrol.GurudisarankanmenerapkanmodelpembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(Earthcomm)memilihmateriyangtepatterkaitdenganmodelEarthScienceSystemInTheCommunity(Earthcomm)merencanakanrencanapembelajarandanmemperincikegiatanpembelajaran.PenelitiselanjutnyaperlumelakukanpenelitiantentangmodelpembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(Earthcomm)padamateriyanglaindanmengukurkemampuanyanglainsepertikemampuankognitifdanpsikomotorik.