Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi hidrosfer untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Armandus Elu

Main Author: Elu, Armandus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53414/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKEluArmandus.2016.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningpadaMateriHidrosferuntukMeningkatkanKemampuanBerfikirKritisSiswaKelasX.E/LintasMinatSMAN9Malang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si(2)Drs.DidikTaryanaM.Si.KataKunciModelpembelajaranProblemBasedLearningberfikirkritisHidrosfer.KemampuanberfikirkritissiswakelasX.E/LintasMinatdiSMAN9Malangcenderungrendahdapatdiketahuiberdasarkanhasilpengamatansiswamasihcenderungmenghafalkonsepbersikappasifmenyampaikanideargumenhanyasebataspemahamantanpamelakukansuatuanalisisterutamapemecahanmasalah.Kemampuanberfikirberpengaruhterhadaphasilkerjasiswa.BerdasarkannilaiUTSsemesterganjiltahunajaran2015/2016dari32siswadikelasX.EterdapatsatusiswayangmemperolehnilaidiatasKKM.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberfikirkritissiswakelasX.E/LintasMinatdiSMAN9Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Setiapsiklusterdiridaritahapperencanaanpelaksananobservasirefleksi.PenelitianinidilaksanakanpadakelasX.E/LintasMinatsebagaisubjekpenelitiandenganjumlahsiswa32orang.Datadalamkegiataniniberupadatakemampuanberfikirkritis.Instrumenyangdipakaidalamkegiatanpenelitianiniberupatesdanlembarpengamatankemampuanberfikirkritis.Teknikpengumpulandatamelaluiteknikobservasidantesakhirsetiapsiklus.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadapeningkatanhasilkemampuanberfikirkritispadakelasX.E/LintasMinatSMANegeri9Malang.NilaipersentaseaktivitaskemampuanberfikirkritissiswadarisemuaindikatorpadasiklusI4439%.PadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi6767%.SedangkannilaipersentasetesakhirsikluspadasiklusI75%padasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi86%.DarihasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwapenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberfikirkritissiswakelasX.E/LintasMinatSMANegeri9MalangPembelajarandenganpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningsangatefektifdalammeningkatkankemampuanberfikirkritissiswa.OlehkarenaituperluditerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearningpadakegiatanpembelajarandikelas.PenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningperludilakukaninovasibaruuntukketercapaiansiswadenganbaikpadasetiapindikatorkemampuanberfikirkritis.