Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi hidrosfer untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Armandus Elu
Main Author: | Elu, Armandus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53414/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKEluArmandus.2016.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningpadaMateriHidrosferuntukMeningkatkanKemampuanBerfikirKritisSiswaKelasX.E/LintasMinatSMAN9Malang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si(2)Drs.DidikTaryanaM.Si.KataKunciModelpembelajaranProblemBasedLearningberfikirkritisHidrosfer.KemampuanberfikirkritissiswakelasX.E/LintasMinatdiSMAN9Malangcenderungrendahdapatdiketahuiberdasarkanhasilpengamatansiswamasihcenderungmenghafalkonsepbersikappasifmenyampaikanideargumenhanyasebataspemahamantanpamelakukansuatuanalisisterutamapemecahanmasalah.Kemampuanberfikirberpengaruhterhadaphasilkerjasiswa.BerdasarkannilaiUTSsemesterganjiltahunajaran2015/2016dari32siswadikelasX.EterdapatsatusiswayangmemperolehnilaidiatasKKM.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberfikirkritissiswakelasX.E/LintasMinatdiSMAN9Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Setiapsiklusterdiridaritahapperencanaanpelaksananobservasirefleksi.PenelitianinidilaksanakanpadakelasX.E/LintasMinatsebagaisubjekpenelitiandenganjumlahsiswa32orang.Datadalamkegiataniniberupadatakemampuanberfikirkritis.Instrumenyangdipakaidalamkegiatanpenelitianiniberupatesdanlembarpengamatankemampuanberfikirkritis.Teknikpengumpulandatamelaluiteknikobservasidantesakhirsetiapsiklus.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadapeningkatanhasilkemampuanberfikirkritispadakelasX.E/LintasMinatSMANegeri9Malang.NilaipersentaseaktivitaskemampuanberfikirkritissiswadarisemuaindikatorpadasiklusI4439%.PadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi6767%.SedangkannilaipersentasetesakhirsikluspadasiklusI75%padasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi86%.DarihasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwapenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberfikirkritissiswakelasX.E/LintasMinatSMANegeri9MalangPembelajarandenganpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningsangatefektifdalammeningkatkankemampuanberfikirkritissiswa.OlehkarenaituperluditerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearningpadakegiatanpembelajarandikelas.PenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningperludilakukaninovasibaruuntukketercapaiansiswadenganbaikpadasetiapindikatorkemampuanberfikirkritis.