Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap keterampilan berpikir spasial (spatial thinking skill) kelas XI IIS SMA Negeri 1 Pandaan / Atik

Main Author: Atik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53401/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAtik.2016.PengaruhModelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning)terhadapKeterampilanBerpikirSpasialGeografiSiswaKelasXIIISSMANegeri1PandaanKabupatenPasuruan.Skripsi.ProgramStudiPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)PurwantoS.PdM.Si(II)Drs.RudiHartonoM.Si.KataKunciModelProblemBasedLearningKeterampilanBerpikirSpasialModelpembelajaranberbasismasalah(ProblemBasedLearning)merupakanprosespembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifmelaluiadanyamasalah.Siswamenemukanmerumuskanmenganalisismemecahkanmasalahyangterjadi.Prosestersebutmembutuhkanketerampilanberpikirspasialyangberkaitandenganruangpemberianalasandanalatuntukmemecahkanmasalah.Masalahyangdisajikandalampemberianalasanmerupakanmasalahyangberkaitandilingkungansekitarsehinggamemunculkandayatarikbagisiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelPBLterhadapketerampilanberpikirspasialgeografisiswadantingkatketerampilanberpikirspasialsiswa.JenispenelitianiniadalahQuasyExperimentdenganpretest-posttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIIS2danXIIIS3denganmasing-masingberjumlah34siswa.InstrumensoalditurunkandariindikatorketerampilanberpikirspasialmenurutNationalResearchCouncildenganberjumlah11soal.AnalisisdatayangdigunakanadalahUji-tuntuk2sampeltidakberpasangan(independentsamplettest).BerdasarkanhasilpenelitianbahwaadaperbedaanketerampilanberpikirspasialkelaseksperimendenganmenggunakanmodelpembelajaranPBLdankelaskontrolyangmenggunakanmodelkonvensional.Ujihipotesismenunjukansig(2-tailed)0001