Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap keterampilan berpikir spasial (spatial thinking skill) kelas XI IIS SMA Negeri 1 Pandaan / Atik
Main Author: | Atik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53401/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAtik.2016.PengaruhModelPembelajaranBerbasisMasalah(ProblemBasedLearning)terhadapKeterampilanBerpikirSpasialGeografiSiswaKelasXIIISSMANegeri1PandaanKabupatenPasuruan.Skripsi.ProgramStudiPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)PurwantoS.PdM.Si(II)Drs.RudiHartonoM.Si.KataKunciModelProblemBasedLearningKeterampilanBerpikirSpasialModelpembelajaranberbasismasalah(ProblemBasedLearning)merupakanprosespembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktifmelaluiadanyamasalah.Siswamenemukanmerumuskanmenganalisismemecahkanmasalahyangterjadi.Prosestersebutmembutuhkanketerampilanberpikirspasialyangberkaitandenganruangpemberianalasandanalatuntukmemecahkanmasalah.Masalahyangdisajikandalampemberianalasanmerupakanmasalahyangberkaitandilingkungansekitarsehinggamemunculkandayatarikbagisiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelPBLterhadapketerampilanberpikirspasialgeografisiswadantingkatketerampilanberpikirspasialsiswa.JenispenelitianiniadalahQuasyExperimentdenganpretest-posttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIIS2danXIIIS3denganmasing-masingberjumlah34siswa.InstrumensoalditurunkandariindikatorketerampilanberpikirspasialmenurutNationalResearchCouncildenganberjumlah11soal.AnalisisdatayangdigunakanadalahUji-tuntuk2sampeltidakberpasangan(independentsamplettest).BerdasarkanhasilpenelitianbahwaadaperbedaanketerampilanberpikirspasialkelaseksperimendenganmenggunakanmodelpembelajaranPBLdankelaskontrolyangmenggunakanmodelkonvensional.Ujihipotesismenunjukansig(2-tailed)0001