Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Annisa Qomariah

Main Author: Qomariah, Annisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53397/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKQomariahAnnisa.2012.PengaruhModelPembelajaranProbingPromptingterhadapMotivasiBelajarGeografiSiswaKelasXISMAN1SingosariKabupatenMalang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DwiyonoHariUtomo.MP.dM.Si(II)Dra.YuswantiArianiRahayuM.Si.KataKunciMotivasibelajarPembelajaranProbingPromptingMotivasibelajarmerupakansalahsatufaktorpendorongdarikeberhasilankegiatanpembelajaran.Komponenutamamotivasiadalahkebutuhandorongandantujuan.Faktoryangmempengaruhimotivasibelajarsalahsatunyaadalahpenerapanmodelpembelajaranyangdigunakanolehguru.ModelpembelajaranProbingPromptingdirancanguntukmenyajikanserangkainpertanyaanyangsifatnyamenuntutdanmenggalisehinggaterjadiprosesberpikiryangmengaitkanpengetahuansetiapsiswadanpengalamanyadenganpengetahuanbaruyangsedangdipelajari.DenganmodelpembelajaranProbingPromptingsiswadituntutuntukmenjawabpertanyaanyangdiberikanolehgurusecaraacaksehinggaseluruhsiswatidakbisamenghindardariprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranProbingPromptingterhadapmotivasibelajargeografikelasXISMA1SingosariKabupatenMalang.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasXIIPS1sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS3sebagaikelaskontrol.Instrumenuntukmengetahuimotivasisiswamenggunakanangket.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahujittidakberpasangan(IndependentSamplesTest)yangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.00forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilaimotivasikelaseksperimendankelaskontrol.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwamotivasibelajarkelaseksperimenmemilikirata-ratasebesar7568sedangkankelaskontrolmemilikirata-rata7189dengannilaiprobabilitas(p)0035sehinggaadapengaruhmodelpembelajaranProbingPromptingterhadapmotivasibelajarGeografiSiswakelasXI.DisarankanbagiGuruGeografimampumenjagasuasanaagartetapsantaitapiseriusagarsiswatidakmerasatakutuntukmengajukkansertamenjawabpertanyaan.BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmengujicobakanmodelpembelajaranProbingPromptingpadamateriberbeda.Variabelselainmotivasibelajaryangsesuaidengankeadaansiswadiantaranyaminatsiswapemahamankonsephasilbelajardanlain-lainsebagaivaribelterikatdandengantempatpenelitiansertajenjangyangberbeda.