Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Annisa Qomariah
Main Author: | Qomariah, Annisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53397/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKQomariahAnnisa.2012.PengaruhModelPembelajaranProbingPromptingterhadapMotivasiBelajarGeografiSiswaKelasXISMAN1SingosariKabupatenMalang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DwiyonoHariUtomo.MP.dM.Si(II)Dra.YuswantiArianiRahayuM.Si.KataKunciMotivasibelajarPembelajaranProbingPromptingMotivasibelajarmerupakansalahsatufaktorpendorongdarikeberhasilankegiatanpembelajaran.Komponenutamamotivasiadalahkebutuhandorongandantujuan.Faktoryangmempengaruhimotivasibelajarsalahsatunyaadalahpenerapanmodelpembelajaranyangdigunakanolehguru.ModelpembelajaranProbingPromptingdirancanguntukmenyajikanserangkainpertanyaanyangsifatnyamenuntutdanmenggalisehinggaterjadiprosesberpikiryangmengaitkanpengetahuansetiapsiswadanpengalamanyadenganpengetahuanbaruyangsedangdipelajari.DenganmodelpembelajaranProbingPromptingsiswadituntutuntukmenjawabpertanyaanyangdiberikanolehgurusecaraacaksehinggaseluruhsiswatidakbisamenghindardariprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranProbingPromptingterhadapmotivasibelajargeografikelasXISMA1SingosariKabupatenMalang.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasXIIPS1sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS3sebagaikelaskontrol.Instrumenuntukmengetahuimotivasisiswamenggunakanangket.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahujittidakberpasangan(IndependentSamplesTest)yangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.00forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantaranilaimotivasikelaseksperimendankelaskontrol.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwamotivasibelajarkelaseksperimenmemilikirata-ratasebesar7568sedangkankelaskontrolmemilikirata-rata7189dengannilaiprobabilitas(p)0035sehinggaadapengaruhmodelpembelajaranProbingPromptingterhadapmotivasibelajarGeografiSiswakelasXI.DisarankanbagiGuruGeografimampumenjagasuasanaagartetapsantaitapiseriusagarsiswatidakmerasatakutuntukmengajukkansertamenjawabpertanyaan.BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmengujicobakanmodelpembelajaranProbingPromptingpadamateriberbeda.Variabelselainmotivasibelajaryangsesuaidengankeadaansiswadiantaranyaminatsiswapemahamankonsephasilbelajardanlain-lainsebagaivaribelterikatdandengantempatpenelitiansertajenjangyangberbeda.