Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan menyusun karya ilmiah geografi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo / Desiana Merawati

Main Author: Merawati, Desiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53393/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMerawatiDesiana.2015.PengaruhModelPembelajaranThinkTalkWriteBerbasisKeterampilanBerpikirKritisTerhadapKemampuanMenyusunKaryaIlmiahGeografiSiswaKelasXIIISSMANegeri1TarikKabupatenSidoarjo.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si(2)Drs.SoetjiptoTH.M.PdKatakunciModelpembelajaranThinkTalkWriteberbasisketerampilanberpikirkritiskemampuanmenyusunkaryailmiah.Tidaksemuamodelpembelajarandapatmendorongsiswauntukmampumenyusunkaryailmiah.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuanmenyusunkaryailmiahsiswayaitudenganmenggunakanmodelpembelajaranThinkTalkWriteberbasisketerampilanberpikirkritis.PembelajaranmenggunakanmodelThinkTalkWriteberbasisketerampilanberpikirkritisterdiridari3faseyaituberpikirberbicaradanmenulis.Penelitianinidirancangmenggunakaneksperimensemu(QuasiExperiment)menggunakandesainStaticGroupComparasiondanmengambilsubyekpenelitianduakelas.PenentuansampeldalampenelitianinidilakukandenganteknikrandomsamplingyangdiacakadalahkelasnyauntukmenentukankelaseksperimenXIIIS3dankelaskontrolXIIIS4.Instrumentpenelitianinimenggunakanpedomanpenskorankaryatulisilmiahsebagaipedomandalammemberikanskorhasilkaryatulisilmiahsiswa.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahuji-tyangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS21.00ForWindows.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatpengaruhpenggunaanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)berbasisketerampilanberpikirkritisterhadapkemampuanmenyusunkaryailmiahgeografisiswakelasXIIISSMANegeri1Tarik.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwakemampuanmenyusunkaryailmiahpadakelaseksperimenmemilikirata-rata7648.Sedangkankelaskontrolyangmemilikirata-rata5878denganprobabilitas0000sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)berbasisketerampilanberpikirkritisterhadapkemampuanmenyusunkaryailmiahgeografisiswakelasXIIISSMANegeri1TarikKabupatenSidoarjo.