Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan menyusun karya ilmiah geografi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo / Desiana Merawati
Main Author: | Merawati, Desiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53393/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMerawatiDesiana.2015.PengaruhModelPembelajaranThinkTalkWriteBerbasisKeterampilanBerpikirKritisTerhadapKemampuanMenyusunKaryaIlmiahGeografiSiswaKelasXIIISSMANegeri1TarikKabupatenSidoarjo.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si(2)Drs.SoetjiptoTH.M.PdKatakunciModelpembelajaranThinkTalkWriteberbasisketerampilanberpikirkritiskemampuanmenyusunkaryailmiah.Tidaksemuamodelpembelajarandapatmendorongsiswauntukmampumenyusunkaryailmiah.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuanmenyusunkaryailmiahsiswayaitudenganmenggunakanmodelpembelajaranThinkTalkWriteberbasisketerampilanberpikirkritis.PembelajaranmenggunakanmodelThinkTalkWriteberbasisketerampilanberpikirkritisterdiridari3faseyaituberpikirberbicaradanmenulis.Penelitianinidirancangmenggunakaneksperimensemu(QuasiExperiment)menggunakandesainStaticGroupComparasiondanmengambilsubyekpenelitianduakelas.PenentuansampeldalampenelitianinidilakukandenganteknikrandomsamplingyangdiacakadalahkelasnyauntukmenentukankelaseksperimenXIIIS3dankelaskontrolXIIIS4.Instrumentpenelitianinimenggunakanpedomanpenskorankaryatulisilmiahsebagaipedomandalammemberikanskorhasilkaryatulisilmiahsiswa.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahuji-tyangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS21.00ForWindows.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatpengaruhpenggunaanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)berbasisketerampilanberpikirkritisterhadapkemampuanmenyusunkaryailmiahgeografisiswakelasXIIISSMANegeri1Tarik.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwakemampuanmenyusunkaryailmiahpadakelaseksperimenmemilikirata-rata7648.Sedangkankelaskontrolyangmemilikirata-rata5878denganprobabilitas0000sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)berbasisketerampilanberpikirkritisterhadapkemampuanmenyusunkaryailmiahgeografisiswakelasXIIISSMANegeri1TarikKabupatenSidoarjo.