Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Problem Psing (PP) tetrhadap minat belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu / Nafiatul Ni'mah

Main Author: Ni'mah, Nafiatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53386/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNimahNafiatul.2015.PengaruhModelPembelajaranThinkPairShare(TPS)DanProblemPosing(PP)TerhadapMinatBelajarGeografiSiswaKelasXIIPSSMAN1Batu.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si(II)Drs.HendriPurwitoM.SiKataKunciMinatbelajarthinkpairshareproblemposingMinatbelajaradalahkemauanseseorangyangberasaldaridalamdirisehinggamerasatertarikpadaaktifitaspembelajarandikelas.Faktoryangmempengaruhiminatbelajarsalahsatunyaadalahpenerapanmodelpembelajaranyangdigunakanolehguru.Thinkpairsharemerupakansuatumodelpembelajaranyangmemberikesempatankepadasetiapsiswauntukmenunjukkanpartisipasinyadalamprosespembelajaranpesertadidikharusberpikirsendirisebelummenyampaikannyadalamdiskusikelompok.Problemposingmerupakanmodelpembelajaranyangmengharuskansiswamenyusunpertanyaanataumemecahpertanyaanmenjadilebihsederhanakemudiandicaripenyelesaiannya.PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranthinkpairsharedanproblemposingterhadapminatbelajargeografisiswakelasXIIPSSMAN1Batu.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimenmenggunakandesaineksperimensemu(quasieksperimentaldesign).Padapenelitianinidigunakanduakelaseksperimenyangdiberiperlakuanmodelpembelajaranthinkpairsharedanproblemposing.Instrumenuntukmengetahuiminatbelajarsiswamenggunakanangketdanobservasi.Analisisdatamenggunakanujiprasyaratyaituujinormalitasdanujihomogenitas.Kemudiandilakukanujihipotesismenggunakanujit-testdenganbantuanSPSS16.0forwindows.Berdasarkanhasilanalisisujit-testangketminatbelajarsiswamenunjukkannilaisignifikan005(0000005)makaHoditolak.Hasilujit-testobservasiminatbelajarsiswanilaisignifikan005(0012005)makaHoditolak.HasilanalisisangketdanobservasimenunjukkanbahwaadaperbedaanminatbelajargeografimenggunakanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)danProblemPosing(PP)padasiswakelasXIIPSSMAN1Batu.Penggunaanmodelpembelajaranthinkpairsharelebihberpengaruhdibandingmodelpembelajaranproblemposing.HalinidapatdilihatdariRata-ratakelaseksperimen1yangmenggunakanmodelpembelajaranthinkpairshareuntukrata-ratanilaiangket6988%danobservasi7431%.Sedangkanrata-ratakelaseksperimen2yangmenggunakanmodelpembelajaranproblemposinguntuknilaiangketadalah5796%danobservasi7281%.Wawancarajugadilakukanuntukmendukunghasilangketdanobservasi.Berdasarkanhasilwawancaramenunjukkanbahwaadanyaperbedaanminatbelajarsiswadalampenelitianinitidaksepenuhnyadipengaruhiatauditentukanolehkeberhasilanpenggunaansuatumodelpembelajaransaja.Penelitianinidiharapkandapatmenjadibahanpertimbanganolehgurudalammemilihmodelpembelajaranyangsesuaidengankaraktersiswadandapatmeningkatkanminatbelajarsiswaterutamapadamatapelajarangeografi.