Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 4 Malang / Inggan Prasanti

Main Author: Prasanti, Inggan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53365/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrasantiInggan.2015.PengaruhPenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)terhadapKemampuanBerpikirKritisMataPelajaranGeografiSiswaKelasXIIPS-2SMANegeri4Malang.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HendriPurwitoM.Si.(II)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KataKunciModelpembelajaranProblemBasedLearningkemampuanberpikirkritisModelpembelajaranProblemBasedLearningmempunyaikelebihansebagaisalahsatumodelpembelajaranyaitu1)Siswamenjadiaktifdalampembelajaran2)Siswamenjadilebihmemahamisendirikonsep-konseppadamateripembelajaran3)Menjadikansiswamandiridalambelajar.ModelpembelajaranProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuansiswadalamberpikirkritis.Modelpembelajaraniniditerapkanpadamaterilingkunganhidupdanpembangunanberkelanjutan.Permasalahanpadamateriiniseringterjadidalamkehidupansiswasehinggasiswadapatmenganalisispermasalahannyatayangterjadidisekitarmereka.PenelitianinidilakukanuntukmengetahuipengaruhmodelPembelajaranProblemBasedLearningterhadappeningkatankemampuanberpikirkritissiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdantermasukdalampenelitianeksperimensemu(QuasiExperimentalDesign)dengandesainderetwaktu(Timeseriesdesign).SubjekdalampenelitianiniadalahkelasIXIPS-2sebagaikelaseksperimen.Kelaseksperimendiberikanpenerapansebanyakempatkaliuntukmelihatpeningkatankemampuanberpikirsiswa.PenelitianinidilaksanakandiSMANegeri4Malang.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurkemampuanberpikirkritispadapenelitianiniadalahdenganmenggunakansoalessaisebanyak6butirsoal.Tesdiberikansetelahpenerapanmodelpembelajaranselesaidilakukan.Penelitianinimenggunakanrancanganposttestonlycontroldesign.AnalisisdatadalampenelitianinimenggunakanujistatistikdenganbantuanSPSS16.0forwindows.HasilujihipotesisdenganmenggunakanPairedsampleT-testmenunjukkanbahwapadates1dantes2memperolehhasilsebesar00100.05.Padates2dantes3menunjukkanhasil00100.05.Padates3dantes4menunjukkanhasil00000.05.Peningkatanrata-ratanilaiyangdiperolehsiswapadates1sebesar5016nilairata-ratates2sebesar5505nilairata-ratates3sebesar6328dannilairata-ratates4sebesar6917.MakakesimpulandariujihipotesispenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningberpengaruhpositifterhadapkemampuanberpikirkritismatapelajarangeografisiswaSMANegeri4Malang.