Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan facebook untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X MAN 3 Malang / Nur Khilofah
Main Author: | Kholifah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53336/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKholifahNur.2015.PenerapanModelPembelajaranModelProblemBasedLearningBerbantuanFacebookUntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarGeografiKelasXMAN3Malang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd(II)Drs.MarhadiSlametKristiyantoM.SiKataKunciModelPBLFacebookMotivasiBelajarHasilBelajarBerdasarkanpengamatandikelasXIPS258%siswatidakmemperhatikanpenjelasanguru.Merekamengalihkanperhatiandenganmengobroldengantemansebangkudan25%merekaaktifberbicaraaktifbergeraksehinggakelasmenjadigaduh.BerdasarkanpenyebaranangketdikelasXIPS2menunjukkanbahwa53.4%motivasisiswarendah.SedangkanhasilbelajarberdasarkannilaiPPLsekitar51.6%siswabelumtuntasdalambelajar.Rancangandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanmodelKemmisMcTaggart.Penelitiantindakankelasterdiridari4tahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatantindakandanrefleksi.Instrumenpenelitianinimenggunakankuesionerobservasidansoaltesuntukmengumpulkandata.Teknikanalisisdatadenganmenggunakananalisisdeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranPBLberbantuanfacebookmengalamipeningkatanmotivasibelajarsebesar8933%dengankualifikasisangattinggi.SedangkanpembelajarandifacebookdarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar9677%dengankualifikasisangattinggisedangkanhasilbelajarmengalamipeningkatansebesar100%.KesimpulandarihasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranPBLberbantuanfacebookdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasXIPS2MAN3Malang.Kesulitanyangdialamipenelitidalammelakukanprosespenelitianyaitukesulitanmengajaksiswauntukmelakukanpembelajaranonlinedifacebooksulitmencariwaktuagarseluruhsiswadapatonlinesecarabersama-samasulitdalammengkondisikansiswayanggaduhmengaturwaktuketikamelakukankegiatanpembelajaran.Penelitijugakesulitandalampengolahandatakarenabanyaknyadatayangdigunakan.PenelitimemberisaranbagipenelitiselanjutnyajikainginmelanjutkanpenelitianinimakapenelitiharusmemilikikemampuandalammengenalikarakteristiksiswakarakteristikmateridankondisisekolahsehinggadengantepatmenerapkanmodelpembelajaranPBLberbantuanfacebookdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajar.