Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan facebook untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X MAN 3 Malang / Nur Khilofah

Main Author: Kholifah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53336/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKholifahNur.2015.PenerapanModelPembelajaranModelProblemBasedLearningBerbantuanFacebookUntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarGeografiKelasXMAN3Malang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd(II)Drs.MarhadiSlametKristiyantoM.SiKataKunciModelPBLFacebookMotivasiBelajarHasilBelajarBerdasarkanpengamatandikelasXIPS258%siswatidakmemperhatikanpenjelasanguru.Merekamengalihkanperhatiandenganmengobroldengantemansebangkudan25%merekaaktifberbicaraaktifbergeraksehinggakelasmenjadigaduh.BerdasarkanpenyebaranangketdikelasXIPS2menunjukkanbahwa53.4%motivasisiswarendah.SedangkanhasilbelajarberdasarkannilaiPPLsekitar51.6%siswabelumtuntasdalambelajar.Rancangandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanmodelKemmisMcTaggart.Penelitiantindakankelasterdiridari4tahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatantindakandanrefleksi.Instrumenpenelitianinimenggunakankuesionerobservasidansoaltesuntukmengumpulkandata.Teknikanalisisdatadenganmenggunakananalisisdeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranPBLberbantuanfacebookmengalamipeningkatanmotivasibelajarsebesar8933%dengankualifikasisangattinggi.SedangkanpembelajarandifacebookdarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar9677%dengankualifikasisangattinggisedangkanhasilbelajarmengalamipeningkatansebesar100%.KesimpulandarihasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranPBLberbantuanfacebookdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasXIPS2MAN3Malang.Kesulitanyangdialamipenelitidalammelakukanprosespenelitianyaitukesulitanmengajaksiswauntukmelakukanpembelajaranonlinedifacebooksulitmencariwaktuagarseluruhsiswadapatonlinesecarabersama-samasulitdalammengkondisikansiswayanggaduhmengaturwaktuketikamelakukankegiatanpembelajaran.Penelitijugakesulitandalampengolahandatakarenabanyaknyadatayangdigunakan.PenelitimemberisaranbagipenelitiselanjutnyajikainginmelanjutkanpenelitianinimakapenelitiharusmemilikikemampuandalammengenalikarakteristiksiswakarakteristikmateridankondisisekolahsehinggadengantepatmenerapkanmodelpembelajaranPBLberbantuanfacebookdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajar.