Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuyk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran geografi kelas X IPS-1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Istianah
Main Author: | Istianah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53326/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIstianah.2015.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdalamPembelajaranGeografiKelasXIPS-ISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsijurusangeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing.(I)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si.(II)Drs.DwiyonoHUM.PdM.SiKataKuncimodelProblemBasedLearningberpikirkritisKemampuanberpikirkritismerupakankemampuanyangpentinguntukdimilikidandikembangkansetiapsiswaketikamempelajarimateridalampembelajaranGeografi.Akantetapikemampuantersebutbelumdikembangkangurusecaramenyeluruh.BerdasarkanpengamatanyangdilakukanolehpenelitisaatPPL2014semestergasaldikelasXIPS-ISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangdiketahuikemampuanberpikirkritissiswamasihrendah.Kemampuanberpikirkritisyangrendahtersebutterlihatdarikecenderungansiswayangkurangaktifberpikirsekitar15%dari41siswayangmauberpikirketikapembelajaran.Beberapasiswamenjawabpertanyaangurudenganmenganalisisdanberdasarkansumbersedangkanlainnyahanyamengutipdaribukuatausekedarmenjawabsekenanyasajatanpamengemukakanpendapatataumenganalisisnya.Siswayangdapatmerumuskanmasalahmenganalisisataumemecahkanmasalahdenganbaiksekitar25%dari41siswa.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadenganmenggunakanmodelProblemBasedLearning.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasdenganduasiklus.Setiapsiklusterdiriatasperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitiansiswakelasXIPS-Isebanyak41siswa.Penelitianinimenggunakansumberdataprimeryanglangsungdiperolehdarisubjekpenelitian.Datayangdigunakandalampenelitianiniyaitudatakemampuanberpikirkritisyangdiperolehsiswadarihasiltes.Instrumenyangdigunakanadalahsoaltesuraianyangberjumlah5.Soaltesuraiandibuatolehpenelitiyangdikembangkanberdasarkankisi-kisikemampuanberpikirkritisdandiberikanpadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.PadasiklusInilairata-ratakemampuanberpikirkritissiswamencapai5597sedangkanpadapelaksanaantindakansiklusII7481.Berdasarkanhasiltersebutdiketahuiterjadipeningkatankemampuanberpikirkritissebeasar3366%.KesimpulanpenelitianiniadalahpenerapanmodelProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIPS-ISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangpadamateriatmosfer.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakapenelitimerekomendasikanagarmodelpembelajaraninidapatditerapkandalampembelajaranGeografiterutamapadamateri-materilainnyayangcukupsukar.