Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran geografi materi aspek kependudukan kelas XI MA Negeri Malang 1 / Riska Elina Sari

Main Author: Sari, Riska Elina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53281/
Daftar Isi:
  • SariRiskaElina.2014.PengaruhModelProblemBasedLearningterhadapKemampuanBerpikirAnalitisSiswapadaMataPelajaranGeografiMateriAspekKependudukanKelasXIMANegeriMalang1.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si(II)Drs.DjokoSoelistijoM.Si.KataKunciModelProblemBasedLearningkemampuanberpikiranalitis12288122881228812288Pembelajarangeografibertujuanmengembangkanbeberapakemampuansiswasalahsatunyakemempuanberpikiranalitis.Kemampuanberpikiranalitissiswadalampembelajarangeografimasihtergolongrendahkarenapembelajaranyangadakurangmengasahkemampuanberpikirsiswa.Kemampuanberpikirdalampembelajarangeografimasihsebatasaspekpengetahuan.Pengembangankemampuanberpikiranalitissiswadalammatapelajarangeografiperludikembangkanmelaluipembelajaran.SalahsatupembelajaranyangdapatmelatihkemampuanberpikiranalitissiswaadalahpembelajaranProblemBasedLearning.12288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelProblemBasedLearningterhadapkemampuanberpikiranalitis.Penelitianinitermasukdalamquasieksperimenataueksperimensemuyangtermasukdalampenelitiankuantitatif.PenelitianinidilaksanakandiMANegeriMalang1.SubjekdalampenelitianiniadalahkelasXIIPS1sebagaikelaseksperimendanXIIPS2sebagaikelaskontrol.KelasEksperimenakandiberiperlakuandenganpembelajaranProblemBasedLearningsementarakelaskontroltidakdiberiperlakuanataupembelajaranceramah.12288122881228812288Instrumendalampenelitianiniadalahtesdenganmenggunakansoalessayyangterdiridarilimasoaluntukmengukurkemampuanberpikiranalitissiswa.Pembuataninstrumentesdikembangkandarikisi-kisisoaltes.Kisi-kisisoaltesessaydibuatberdasarkanindikatorkemampuanberpikiranalitis.Soaltersebutakandiberikansetelaheksperimenuntukmengetahuikemampuanberpikiranalitissiswasetelahperlakuanpadakeduakelas.Penelitianinimengguanaknrancanganposttest-onlycontroldesign.AnalisisdatapadadalampenelitianinimenggunakanUjiStatistikdenganbantuanSPSSforwindows.12288122881228812288HasilpenelitianinimenunjukkanhasilbahwaProblemBasedLearningberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitissiswa.berdasarkanhasilanalisismenggunakanindependentt-testdiperolehnilaisig0036atau