Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi tentang pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI IPS 1 SMAN Kesamben kabupaten Blitar / Olivia Indri astuti

Main Author: Astuti, Olivia Indri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53247/
Daftar Isi:
  • AstutiOliviaIndri.2014.PenerapanModelPembelajaranJigsawUntukMeningkatkanPemahamanKonsepGeografiTentangPelestarianLingkunganHidupSiswaKelasXIIPS1SMANegeri1KesambenBlitar.Skripsi.JurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(i)Drs.HadiSoekamtoSHM.PdM.Si(ii)DrsMustofaM.pdKatakunciModelPembelajaranJigsawpemahamankonsep.PembelajaranGeografiyangdilakukandiSMANegeri1KesambenmemilikiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)75.Darihasilobservasidanwawancaradiketahuibahwa54%darijumlahsiswamendapatnilaidibawahKKM.Nilaiterendahdarihasiltessebesar30dannilaitertinggisebesar80.Sementaranilairata-rataulanganhariansiswasebesar5515.Ketikadiberiartikelsiswakurangmampudalammenerjemahkanmasalahmenafsirkanisidariberbagaibacaansertamenindaklanjutikesimpulandarihasilkerja.Selainitusiswajarangbertanyadanmemberikanpendapatketikaprosespembelajaran.TujuandaripenelitianiniadalahmeningkatkanpemahamankonsepGeografiTentangPelestarianLingkunganHidupSiswaKelasXIIPS1SMANegeri1KesambendenganmenerapkanmodelpembelajaranJigsaw.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilakukandalam2siklus.Setiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandikelasXIIPS1denganjumlah33siswa.Instrumendalampenelitianiniialahsoaltespemahamankonsep.Datayangdigunakandalampenelitianiniyaitunilaipemahamankonsepsiswayangdiperolehdaripemberiantespemahamansebelundilakukantindakandansesudahdilakukantindakan.Analisisdatapemahamankonsepdilakukandenganmembandingkannilairata-ratapemahamansiswasebelumdilakukantindakandansesudahdilakukantindakan.Untukmemperolehbesarpeningkatandilakukandenganmenguranginilairata-ratapemahamansiswasetelahdilakukantindakandengannilairata-ratapemahamansiswasebelumtindakan.Hasilnyadibandingkandengannilairata-ratapemahamansiswasebelumtindakankemudiandiperolehpersentasenya.Hasilyangdiperolehdaripenelitianiniadalahadanyapeningkatanpemahamankonsepsiswa.Rata-ratanilaipemahamankonsepyangdiperolehsiswasebelumtindakansebesar6727sedangkannilairata-ratapemahamansiswasetelahdilakukantindakansebesar7659.Iniberartiterdapatpeningkatannilaisebesar932(1385%).BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwatelahterjadipeningkatanpemahamankonsepGeografisetelahditerapkanmodelpembelajaranJigsaw.SaranbagipenelitilanjutdapatmelakukanpenelitiantentangpenerapanmodelpembelajaranJigsawuntukmeningkatkanpemahamankonsep.Selainitupenelitilanjutjugadapatmelakukanbeberapahalyaitumenambahataumengubahvariabelsepertiaktivitas.