Pemetaan kualitas pendidikan dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk pengelolaan pendidikan dasar negeri Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi tahun 2013 / Nikmawan Fadloli

Main Author: Fadloli, Nikmawan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53238/
Daftar Isi:
  • FadloliNikmawan.2014.PemetaanKualitasPendidikandenganMenggunakanSistemInformasiGeografis(SIG)untukPengelolaanPendidikanDasarNegeriKecamatanWidodarenKabupatenNgawiTahun2013.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.RudiHartonoM.Si(II)PurwantoS.Pd.M.Si.KatakuncipemetaanSIGkualitaspendidikanpengelolaanpendidikanPendidikanmerupakansalahsatuaspekpentingdalamperkembangankehidupanmasyarakatsertaberperanuntukmeningkatkankualitashidup.MasalahutamakualitaspendidikandiKecamatanWidodarenKabupatenNgawiadalahbelummeratanyapemerataanpencapaiankualitashasilpendidikanbaikperbedaankualitasantarsekolahmaupunantartempat.SistemInformasiGeografis(SIG)merupakansistemyangmampumengakomodasidataspasialdannonspasialmenjadisebuahinformasiyangdapatmemberikananalisiskeruangan.Pemetaankualitaspendidikandiperlukanuntukmenggambarkansebaranpencapaiankualitassatuanpendidikansuatuwilayah.Sistembasisdatapendidikanmenyediakandatadaninformasiyangakurattepatgunadantepatwaktuyangberisikaninformasimengenaihasilpencapaianpendidikansehinggadapatmemberikaninformasiyangmendukungdalamperencanaanprogrammaupunpengambilankeputusantentangkebijakanpembangunandibidangpendidikan.TujuanpenelitianiniadalahmengkajidayaserapkualitaspelayanankualitaskeluaranpendidikandasarnegeriKecamatanWidodarendanmenyusunbasisdataspasialuntukmenanganipencatatandatapendidikan.Penelitianinimenggunakanmetodesurvei.Datayangdiperolehdianalisissecarasederhanamelaluipendekatandeskriptifkuantitatifyakniberdasarkankondisikuantitasdatayangadadarihasilskoringdarimasing-masingvariabelyangmenyertainyabaikpadavariabeldayaserapkualitaspelayananmaupunkualitaskeluarannya.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhlembagapendidikandasarnegeridikecamatanWidodarenberjumlah41Sekolah.BerdasarkanhasilpengakumulasiandatakualitaspendidikanberbasisSIGuntukpendidikandasarnegeriKecamatanWidodarenmenunjukkansebarandayaserapsebanyak41sekolah(100%)memperolehkualitassangatbaik.Sebarankualitaspelayanansebanyak6sekolah(1463%)memperolehkualitassangatbaiknamunada35sekolah(8537%)memperolehkualitaskurangmaksimal.Sebarankualitaskeluaransebanyak37sekolah(9024%)memperolehkualitassangatbaiknamunada4sekolah(976%)yangmemperolehpencapaiankurangmaksimal.BerdasarkanStandarPelayananMinimum(SPM)yangtermakubdalamStandarNasionalPendidikan(SNP)indikatorkualitaspendidikantersimpulkanada9indikator(5294%)tercapaisesuaidenganyangditargetkanyaituAPKAPMTPSRRRKJTTGAMALAPSSR.Penyusunanbasisdataspasialpendidikandalambentukpemetaanpendidikaniniakanmempermudahpenggunauntukmencarimelihatmemasukkandatabarudanataumengubahnya.PengembanganSIGsebagaimediainformasipendidikandiharapkannantinyamenjadisuatukeunggulandalampengelolaandibidangpendidikansehinggapenerapanSIGdibidangpendidikanberjalandenganbaikdanoptimal.