Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi lingkungan hidup mata pelajaran Geografi SMA kelas XI/Rendra Zainal Maliki
Main Author: | Maliki, Rendra Zainal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53215/ |
Daftar Isi:
- MalikiRendraZainal.2014.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifPadaMateriLingkunganHidupMataPelajaranGeografiSMAKelasXI.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoSoelistijoM.Si.(II)PurwantoS.Pd.M.Si.KataKuncimediapembelajaranCDpembelajaraninteraktiflingkunganhidup12288122881228812288MediapembelajarandenganpokokbahasanlingkunganhiduppadamatapelajarangeografidiSMAkelasXImasihterbataspadamediacetakberupabukuteksdanLKS.MediayangberbentukCDpembelajaranmasihterbataspembuatnyasehinggasulitdiperoleh.Untukitudiperlukanpengembanganmediapembelajaranpadapokokbahasanlingkunganhidup.Alasandipilihnyamediapembelajaraninteraktifiniadalahuntukmenarikminatbelajarsiswadalammengikutipelajarandanmempermudahpemahamansiswapadapembelajarangeografidikelassehinggamasing-masingindividudapatbelajarsecaraoptimal.DipilihnyamaterilingkunganhidupkarenabelumadapengembanganmediayangberupaCDpembelajaraninteraktifuntukmateritersebut.12288122881228812288Tujuanpenelitianiniuntukmengembangkanmediapembelajaraninteraktifyangmemenuhikriteriasebagaimediayangvalidpadamaterilingkunganhidup.MediainidikembangkandenganmenggunakanprogramAdobeFlashCS3yangmerupakanprogramflashyangdapatmenggabungkanteksgambarpetavideodananimasiyangdapatmenampilkanmediapembelajaranyangmenarik.12288122881228812288Rancanganpenelitianinimenggunakanmodelpengembanganproseduralyangbersifatdeskriptif.Modelproseduraladalahmodeldeskriptifyaitumenggambarkanalurataulangkah-langkahyangharusdiikutiuntukmenghasilkansuatuproduktertentu.ModelyangakandikembangkanadalahmengacupadamodelResearchandDevelopment(RD)yangterdiridariperumusantujuanpembelajarananalisismateriperancanganmediaeditingprototypevalidasimediaujicobamediadanprodukakhir.Datapenelitianbersifatdatakualitatifyangdiperolehdarivalidasiahlisertadatakuantitatifyangdiperolehdariujicobaprodukdisekolah.Datatersebutdianalisisdenganteknikdeskriptifkualitatifpersentase.12288122881228812288Berdasarkanhasilvalidasidiketahuibahwamediainilayak(valid)untukdilanjutkansebagaimediapembelajaran.Hasilujicobamediapadasiswadiperolehnilai84%dengankriteriasangatlayak.Berdasarkanhasilujivalidasidanujicobatersebutdisimpulkanbahwaproduklayakdigunakansebagaimediapembelajarandisekolah.Disarankanapabilaakanmelakukanpenelitianpengembanganyangakandatanghendaknyapenelitiandilakukanlebihdarisatukaliuntukmenghasilkanprodukyanglebihvalid/layakdanlebihmenarikprosesujicoba.