Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi lingkungan hidup mata pelajaran Geografi SMA kelas XI/Rendra Zainal Maliki

Main Author: Maliki, Rendra Zainal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53215/
Daftar Isi:
  • MalikiRendraZainal.2014.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifPadaMateriLingkunganHidupMataPelajaranGeografiSMAKelasXI.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoSoelistijoM.Si.(II)PurwantoS.Pd.M.Si.KataKuncimediapembelajaranCDpembelajaraninteraktiflingkunganhidup12288122881228812288MediapembelajarandenganpokokbahasanlingkunganhiduppadamatapelajarangeografidiSMAkelasXImasihterbataspadamediacetakberupabukuteksdanLKS.MediayangberbentukCDpembelajaranmasihterbataspembuatnyasehinggasulitdiperoleh.Untukitudiperlukanpengembanganmediapembelajaranpadapokokbahasanlingkunganhidup.Alasandipilihnyamediapembelajaraninteraktifiniadalahuntukmenarikminatbelajarsiswadalammengikutipelajarandanmempermudahpemahamansiswapadapembelajarangeografidikelassehinggamasing-masingindividudapatbelajarsecaraoptimal.DipilihnyamaterilingkunganhidupkarenabelumadapengembanganmediayangberupaCDpembelajaraninteraktifuntukmateritersebut.12288122881228812288Tujuanpenelitianiniuntukmengembangkanmediapembelajaraninteraktifyangmemenuhikriteriasebagaimediayangvalidpadamaterilingkunganhidup.MediainidikembangkandenganmenggunakanprogramAdobeFlashCS3yangmerupakanprogramflashyangdapatmenggabungkanteksgambarpetavideodananimasiyangdapatmenampilkanmediapembelajaranyangmenarik.12288122881228812288Rancanganpenelitianinimenggunakanmodelpengembanganproseduralyangbersifatdeskriptif.Modelproseduraladalahmodeldeskriptifyaitumenggambarkanalurataulangkah-langkahyangharusdiikutiuntukmenghasilkansuatuproduktertentu.ModelyangakandikembangkanadalahmengacupadamodelResearchandDevelopment(RD)yangterdiridariperumusantujuanpembelajarananalisismateriperancanganmediaeditingprototypevalidasimediaujicobamediadanprodukakhir.Datapenelitianbersifatdatakualitatifyangdiperolehdarivalidasiahlisertadatakuantitatifyangdiperolehdariujicobaprodukdisekolah.Datatersebutdianalisisdenganteknikdeskriptifkualitatifpersentase.12288122881228812288Berdasarkanhasilvalidasidiketahuibahwamediainilayak(valid)untukdilanjutkansebagaimediapembelajaran.Hasilujicobamediapadasiswadiperolehnilai84%dengankriteriasangatlayak.Berdasarkanhasilujivalidasidanujicobatersebutdisimpulkanbahwaproduklayakdigunakansebagaimediapembelajarandisekolah.Disarankanapabilaakanmelakukanpenelitianpengembanganyangakandatanghendaknyapenelitiandilakukanlebihdarisatukaliuntukmenghasilkanprodukyanglebihvalid/layakdanlebihmenarikprosesujicoba.