Perbandingan penerapan model Group Investigation (GI) dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa kelas X MAN 3 Malang / Zakiyatul Lutfiyah

Main Author: Lutfiyah, Zakiyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53211/
Daftar Isi:
  • LutfiyahZakiyatul.2014.PerbandinganPenerapanModelPembelajaranGroupInvestigationDenganProblemBasedLearningTerhadapKemampuanBerpikirTingkatTinggiSiswaKelas-XMAN3MALANG.JurusanGeografi.FakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiSoekamtoS.H.M.Pd.M.Si(II)SattiWagistinaSP.M.Si.KataKunciModelPembelajaranGroupInvestigationProblemBasedLearningKemampuanBerpikirTingkatTinggiKemampuanberpikirtingkattinggiperluditerapkandalampembelajarandiSekolahMenengahAtas(SMA).Meningkatkankemampuanberpikirtingkattinggimembutuhkansuatumodelpembelajaranyangtepat.ProblemBasedLearningdanGroupInvestigationadalahsalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanpenerapanmodelpembelajaranGroupInvestigationdenganProblemBasedLearningterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswakelas-XMAN3MalangdanuntukmengetahuimanayanglebihtingginilaikemampuanberpikirtingkattinggisiswakelasXMAN3MalangantaramodelpembelajaranGroupInvestigationdenganProblemBasedLearning.Penelitianinidirancangmenggunakaneksperimensemuyaituposttestcontrolgroupadesigndenganduakelaseksperimen.SubjekdalampenelitianiniadalahKelasX-IPA2(eksperimen1)mendapatperlakuanmodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)dankelasX-IPA1(eksperimen2)mendapatperlakuanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL).Instrumenpenelitianberupasoalessaiteskemampuanberpikirtingkattinggiyangdikumpulkansetelahpemberianperlakuanmodelpembelajaran.Instrumentpenelitianakandiujicobamenggunakanvaliditasdanreliabilitas.Teknikanalisisyangdigunakanadalahuji-tyangdapatdiselesaikandenganbantuanprogramSPSS1600forWindows.Hasilanalisisdatadiketahuibahwa7848adalahrata-ratakemampuanberpikirtingkattinggisiswapadakelaseksperimen1sedangkan8333adalahrata-ratakemampuanberpikirtingkattinggisiswapadakelaseksperimen2.Hasilanalisisdenganmenggunakanujitmenunjukkannilaisignifikansisebesar0010.Jadinilaisignifikansi00100025makaH0ditolak.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwaterdapatperbedaankemampuanberpikirtingkattinggimenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationdenganProblemBasedLearningdannilaikemampuanberpikirtingkattinggisiswakelas-XMAN3MalangyangmenggunkanmodelpembelajaranProblemBasedLearninglebihtinggidaripadamenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigation.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagarmodelpembelajaranGroupInvestigationdenganProblemBasedLearningdapatditerapkanuntukmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggisiswapadamateriatmosfer.Bagipihaksekolahdiharapkandapatmemberikanfasilitasyangmendukungberupasumberbelajardanfasilitaswifiyangmenjangkaukedalamkelas.BagigurudisarankanuntukmembuatRPPyangsesuaidalampelaksanaanmodelpembelajaranGIdanPBLsedangkanuntukpenelitilanjutdisarankanagarmengetahuikelebihandankekurangandalammodelpembelajaranGIdanPBL.