Pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir analisis geografi siswa kelas X di MAN Malang I / Riska Zurmeini
Main Author: | Zurmeini, Riska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53205/ |
Daftar Isi:
- ZurmeiniRiska.2014.PengaruhPenggunaanModelThinkPairShareterhadapKemampuanBerpikirAnalisisSiswaKelasXMANMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiyonoHariUtomoM.Pd.M.Si(II)SattiWagistinaSP.M.Si.KatakunciThinkPairShareKemampuanAnalisis1228812288122881228812288122881228812288Thinkpairsharemerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifdenganmetodepembelajaranyangdirancanguntukmempengaruhipolainteraksisiswakarenapembelajarankooperatifinilebihbanyakmemberikanwaktuuntukberpikirdanmendiskusikanhasilberpikirnya.Modelthinkpairsharememilikikelebihanyaitugurutidaklagisebagaisatu-satunyasumberpembelajaransiswadituntutuntukdapatmenemukandanmemahamikonsep-konsepbarudengancaratersebutdiharapkankemampuanberpikiranalisissiswadapatterlatihkarenamasing-masingsiswaberpikirdanmendiskusikanpadatemansepasangangnya.12288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodelThinkPairShareterhadapkemampuanberpikiranalisis.PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemusubjekpenelitianadalahsiswakelasXHsebagaikelompokeksperimendankelasXIsebagaikelompokkontrol.Namunsebelummemberikanperlakuandiberikanteskemampuananalisisdaritespsikologimengenaikemampuananalisisgunanyauntukmengetahuiapakahkeduakelastersebutmemilikikemampuananalisisyangsama.Analisisdatayangdigunakanyaituujiprasyaratdanujihipotesisbaiktesawalataupuntesakhirnya.UntukujihipotesisidiberikanpadatesakhiryangdikembangkandariindikatoranalisissetelahperlakuanmodelThinkPairShare.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhpenggunaanmodelThinkPairShareterhadapkemampuananalisissiswakelasXMANMalang1.Haltersebutdidasarkanpadanilaiakhirkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.PerbedaanhasilyangdiperolehtersebuttidakterlepasdarisintakpembelajaranThinkPairShareyangmenekankankemampuanberpikirsiswa.Tahapthinkmemberikankesempatankepadasiswaberupawaktuuntukberpikirsecaraindividuhalinidapatmemberikankesempatanpadasiswauntukmemusatkanpikiranyadalammenggalikemampuannyasendiridalammemberikanalasanmengapasebuahjawabanataupendekatansuatumasalahadalahmasukakalmengenalifakordanpenyebabnya.Pairtahapinimenekankanpadaaspekkerjasamaantarsiswasepertipadaindikatoranalisisuntukmenyelesaikanmasalahbersamaataumenemukansolusidalamkerjasamayaituindikatormenggunakandatayangmendukunguntukmenjelaskanmengapacarayangdigunakanadalahbenar.Tahapshareakanmemberikanketergantunganpositifkarenaketikamempresentasikandidepankelassiswayangmendengarkanakanberusahauntukmemahamiapayangdipresentasikantemannyasehinggadapatmemunculkanpendapatbaruataupunpertentangan.Haltersebutsesuaidenganindikatoranalisisdapatmelatihsiswauntukmembuatdanmengevaluasikesimpulanumumberdasarkanfenomenayangadadanmeramalkanataumenggambarkankesimpulandariinformasiyangsesui.