Pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir analisis geografi siswa kelas X di MAN Malang I / Riska Zurmeini

Main Author: Zurmeini, Riska
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53205/
Daftar Isi:
  • ZurmeiniRiska.2014.PengaruhPenggunaanModelThinkPairShareterhadapKemampuanBerpikirAnalisisSiswaKelasXMANMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiyonoHariUtomoM.Pd.M.Si(II)SattiWagistinaSP.M.Si.KatakunciThinkPairShareKemampuanAnalisis1228812288122881228812288122881228812288Thinkpairsharemerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifdenganmetodepembelajaranyangdirancanguntukmempengaruhipolainteraksisiswakarenapembelajarankooperatifinilebihbanyakmemberikanwaktuuntukberpikirdanmendiskusikanhasilberpikirnya.Modelthinkpairsharememilikikelebihanyaitugurutidaklagisebagaisatu-satunyasumberpembelajaransiswadituntutuntukdapatmenemukandanmemahamikonsep-konsepbarudengancaratersebutdiharapkankemampuanberpikiranalisissiswadapatterlatihkarenamasing-masingsiswaberpikirdanmendiskusikanpadatemansepasangangnya.12288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodelThinkPairShareterhadapkemampuanberpikiranalisis.PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemusubjekpenelitianadalahsiswakelasXHsebagaikelompokeksperimendankelasXIsebagaikelompokkontrol.Namunsebelummemberikanperlakuandiberikanteskemampuananalisisdaritespsikologimengenaikemampuananalisisgunanyauntukmengetahuiapakahkeduakelastersebutmemilikikemampuananalisisyangsama.Analisisdatayangdigunakanyaituujiprasyaratdanujihipotesisbaiktesawalataupuntesakhirnya.UntukujihipotesisidiberikanpadatesakhiryangdikembangkandariindikatoranalisissetelahperlakuanmodelThinkPairShare.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhpenggunaanmodelThinkPairShareterhadapkemampuananalisissiswakelasXMANMalang1.Haltersebutdidasarkanpadanilaiakhirkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.PerbedaanhasilyangdiperolehtersebuttidakterlepasdarisintakpembelajaranThinkPairShareyangmenekankankemampuanberpikirsiswa.Tahapthinkmemberikankesempatankepadasiswaberupawaktuuntukberpikirsecaraindividuhalinidapatmemberikankesempatanpadasiswauntukmemusatkanpikiranyadalammenggalikemampuannyasendiridalammemberikanalasanmengapasebuahjawabanataupendekatansuatumasalahadalahmasukakalmengenalifakordanpenyebabnya.Pairtahapinimenekankanpadaaspekkerjasamaantarsiswasepertipadaindikatoranalisisuntukmenyelesaikanmasalahbersamaataumenemukansolusidalamkerjasamayaituindikatormenggunakandatayangmendukunguntukmenjelaskanmengapacarayangdigunakanadalahbenar.Tahapshareakanmemberikanketergantunganpositifkarenaketikamempresentasikandidepankelassiswayangmendengarkanakanberusahauntukmemahamiapayangdipresentasikantemannyasehinggadapatmemunculkanpendapatbaruataupunpertentangan.Haltersebutsesuaidenganindikatoranalisisdapatmelatihsiswauntukmembuatdanmengevaluasikesimpulanumumberdasarkanfenomenayangadadanmeramalkanataumenggambarkankesimpulandariinformasiyangsesui.