Pengaruh Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS MAN Malang 02 Kota Batu / Wahyu Islamul Hayati
Main Author: | Hayati, Wahyu Islamul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53200/ |
Daftar Isi:
- PengaruhProblemBasedLearning(PBL)denganLatarOutdoorStudyterhadapKemampuanBerpikirAnalitisSiswaMataPelajaranGeografiKelasXIIPSMANMalang2KotaBatu.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HS.PdM.Pd(II)Dr.INyomanRujaSU.KataKunciPrablemBasedLearning(PBL)denganlatarOutdoorStudykemampuanberpikiranalitisKemampuanberpikiranalitissiswadalampembelajarangeografimasihtergolongrendah.KemampuanberpikirdalampembelajarangeografidiIndonesiamasihsebatasdalamaspekpengetahuandanpemahaman.Pengembangankemampuanberpikiranalitissiswadalampelajarangeografiperludikembangkanmelaluipembelajaran.Pembelajaranyangdirancangdandilakukandenganbaikakanmenumbuhkankemampuanberpikiranalitissiswayangmampumengaplikasikanpengetahuannyadalamkehidupan.Pembelajaranyangdirancanguntukmenumbuhkankemampuanberpikiranalitisperlumenyajikanpermasalahannyatayangadadilingkungansekitarsiswasehinggapembelajaranakanlebihbermakna.SalahsatumodelpembelajaranadalahProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudy.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudyterhadapkemampuanberpikiranalitis.RancanganpenelitianiniberupaPosttestControlGroupDesign.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)yangtermasukdalampenelitiankuantitatif.PenelitiandilaksanakandiMANMalang02KotaBatudengansubjekpenelitianyaitukelasXIIPS4sebagaikelaseksperimendanXIIPS2sebagaikelaskontrol.Tesdigunakanuntukmengetahuikemampuanberpikiranalitissiswasetelahperlakuanpadakeduakelas.AnalisisdatapadapenelitianinimenggunakanUjiStatistikdenganbantuanSPSSforWindows.Instrumenpenelitianinimenggunakansoalessai.HasilpenelitianinimenunjukkanhasilbahwaProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudyberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitissiswa.BerdasarkanhasilanalisismenggunakanIndependentSamplet-Testdiperolehnilaisigsebesar0000.Nilairata-ratakemampuanberpikiranalitissiswakelaseksperimenadalah7737lebihtinggidaripadakelaskontrolsebesar6935.SehinggamodelProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudyberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitissiswa.Saranyangdapatdiberikandiharapkanmemberimanfaatantaralain1)sekolahdisarankanmenganjurkankepadaguruuntukmenerapkanProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudydalampembelajaran2)gurudisarankanmenerapkanProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudysebagaialternatifdalampembelajaransehinggasiswadapatmeningkatkankemampuannyadalampembelajaranterutamakemampuanberpikiranalitissiswa3)penelitilanjutyangberminatmelakukanpenelitianserupadapatmenambahvariabeldalampenelitian.