Pengaruh Problem Based Learning (PBL) dengan latar outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS MAN Malang 02 Kota Batu / Wahyu Islamul Hayati

Main Author: Hayati, Wahyu Islamul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53200/
Daftar Isi:
  • PengaruhProblemBasedLearning(PBL)denganLatarOutdoorStudyterhadapKemampuanBerpikirAnalitisSiswaMataPelajaranGeografiKelasXIIPSMANMalang2KotaBatu.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HS.PdM.Pd(II)Dr.INyomanRujaSU.KataKunciPrablemBasedLearning(PBL)denganlatarOutdoorStudykemampuanberpikiranalitisKemampuanberpikiranalitissiswadalampembelajarangeografimasihtergolongrendah.KemampuanberpikirdalampembelajarangeografidiIndonesiamasihsebatasdalamaspekpengetahuandanpemahaman.Pengembangankemampuanberpikiranalitissiswadalampelajarangeografiperludikembangkanmelaluipembelajaran.Pembelajaranyangdirancangdandilakukandenganbaikakanmenumbuhkankemampuanberpikiranalitissiswayangmampumengaplikasikanpengetahuannyadalamkehidupan.Pembelajaranyangdirancanguntukmenumbuhkankemampuanberpikiranalitisperlumenyajikanpermasalahannyatayangadadilingkungansekitarsiswasehinggapembelajaranakanlebihbermakna.SalahsatumodelpembelajaranadalahProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudy.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudyterhadapkemampuanberpikiranalitis.RancanganpenelitianiniberupaPosttestControlGroupDesign.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)yangtermasukdalampenelitiankuantitatif.PenelitiandilaksanakandiMANMalang02KotaBatudengansubjekpenelitianyaitukelasXIIPS4sebagaikelaseksperimendanXIIPS2sebagaikelaskontrol.Tesdigunakanuntukmengetahuikemampuanberpikiranalitissiswasetelahperlakuanpadakeduakelas.AnalisisdatapadapenelitianinimenggunakanUjiStatistikdenganbantuanSPSSforWindows.Instrumenpenelitianinimenggunakansoalessai.HasilpenelitianinimenunjukkanhasilbahwaProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudyberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitissiswa.BerdasarkanhasilanalisismenggunakanIndependentSamplet-Testdiperolehnilaisigsebesar0000.Nilairata-ratakemampuanberpikiranalitissiswakelaseksperimenadalah7737lebihtinggidaripadakelaskontrolsebesar6935.SehinggamodelProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudyberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitissiswa.Saranyangdapatdiberikandiharapkanmemberimanfaatantaralain1)sekolahdisarankanmenganjurkankepadaguruuntukmenerapkanProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudydalampembelajaran2)gurudisarankanmenerapkanProblemBasedLearning(PBL)denganlataroutdoorstudysebagaialternatifdalampembelajaransehinggasiswadapatmeningkatkankemampuannyadalampembelajaranterutamakemampuanberpikiranalitissiswa3)penelitilanjutyangberminatmelakukanpenelitianserupadapatmenambahvariabeldalampenelitian.