Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan memahami konsep geografi siswa MAN Wlingi Kabupaten Blitar / Eni Nurussa'adah

Main Author: Nurussa'adah, Eni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53195/
Daftar Isi:
  • NurussaadahEni.2014.PengaruhModelPembelajaranCooperativeScriptterhadapKemampuanMemahamiKonsepGeografiSiswaMANWlingiKabupatenBlitar.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si(II)Drs.IKomangAstinaM.SPh.D.KataKunciCooperativeScriptKemampuanMemahamiKonsepGeografiKemampuanmemahamikonsepmerupakanhalyangpentingdalampelajarangeografi.Halinikarenamelaluikemampuanpemahamanmakasiswadapatmengertidanmenjelaskankembalidalambentuklainyangmudahdimengertikemudianmampumenerapkannya.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmengembangkankemampuanmemahamikonsepgeografisiswaadalahmodelpembelajaranCooperativeScript.PenelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhmodelCooperativeScriptterhadapkemampuanmemahamikonsepgeografisiswaMANWlingi.Penelitianinitermasukdalamquasieksperiment.Rancanganpenelitianinimenggunakanposttest-onlycontroldesign.AnalisisdatapadapenelitianinimenggunakanUjiStatistikNon-ParametrikdenganbantuanSPSS16.0forWindows.InstrumenPenelitianmenggunakantesberupasoalesaiyangdiberikansesudahperlakuan.PenelitiandilaksanakandiMANWlingiKabupatenBlitardenganmengambil2kelassebagaisubjekpenelitian.KelasXIIPS2sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS4sebagaikelaskontrol.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranCooperativeScriptberpengaruhterhadapkemampuanmemahamikonsepgeografisiswaMANWlingi.Haliniberdasarkannilairata-ratahasilteskemampuanmemahamikonsepgeografikelaseksperimenlebihtinggiyaitusebesar814dankelaskontrolsebesar765.BerdasarkanhasilanalisishipotesisdenganMann-WhitneyUTestdiketahuibahwakemampuanmemahamikonsepgeografisiswasebesar0003atau005makaH0ditolak.ModelpembelajaranCooperativeScriptberpengaruhterhadapkemampuanmemahamikonsepgeografisiswaMANWlingi.DisarankankepadagurugeografiuntukmenggunakanmodelCooperativeScriptsebagaivariasimodelpembelajarankarenamodelpembelajaraninidapatmembuatpemahamankonsepgeografisiswalebihbaik.Padasaatpelaksanaankegiatanpembelajaransebaiknyagurubenar-benarmemperhatikanwaktuagarsintaksmodelpembelajarandapatterlaksanasesuaialokasiwaktuyangtersedia.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatlebihmerencanakanpengelolaankelasdenganefektifdanbeberapaperaturanagarmencapaitujuanpembelajaransecaramaksimal.