Penerapan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang / Harits Fahmiarsyad
Main Author: | Fahmiarsyad, Harits |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53193/ |
Daftar Isi:
- FahmiarsyadHarits.2014.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWriteuntukMeningkatkanHasilBelajarPadaMataPelajaranGeografiSiswaKelasXI-IPS1SMANegeri1TumpangKabupatenMalang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SudarnoHerlambangM.Si(II)Drs.M.YusufIdrisKataKunciModelpembelajaranThinkTalkWriteHasilBelajarBerdasarkanobservasiterhadapprosespembelajaranyangdilakukanpadabulanAgustus-Oktobertahun2013diSMANegeri1TumpangdiketahuibahwagurumasihmenggunakanmetodepembelajaranyangsifatnyamasihmemusatpadaguruyaituceramahdandilanjutkandenganmengerjakanLKS.Kondisitersebutmenyebabkanprosespembelajarankurangbervariasi.Dampaknyasiswamenjadibosandanakhirnyahasilbelajaryangdiperolehsiswabelummaksimalnilairata-rataUTSsebesar5855danulanganharianpadamateriBiosfersebesar712danmateriAntroposfersebesar6077denganKKMuntukmatapelajarangeografiadalah75.UntukmengatasipermasalahantersebutmakadilakukanpenelitiandenganmenerapkanmodelpembelajaranThinkTalkWriteyangbertujuanmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXI-IPS1SMANegeri1Tumpangdalammatapelajarangeografi.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasyangterdiridariduasiklus.Setiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitiandilaksanakandikelasXI-IPS1denganjumlahsiswasebanyak36.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupahasilbelajarsiswa.Instrumenyangdigunakanyaitusoalteshasilobservasidandokumentasi.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadapeningkatanhasilbelajargeografisiswakelasXI-IPS1SMANegeri1TumpangKabupatenMalang.Rata-ratanilaisebelumtindakanadalah5347mengalamipeningkatanpadasiklus1menjadi7138danmeningkatlagipadasiklusIImenjadi8083.Ketuntasanhasilbelajarsecaraklasikaljugamengalamipeningkatan.Ketuntasanbelajarklasikalsebelumtindakanadalahsebesar2222%meningkatpadasiklusImenjadi5277%danmeningkatlagipadasiklusIImenjadi8611%.Darihasilpenelitianinidisarankan(1)Perlusikapyangtegasdalampengelolaankelasterutamadalammengatasisiswayangramaisehinggapelaksanaanpembelajarandapatberjalanbaikdanlancer(2)guruharusmemberikanpenjelasanyangrincitentangtahapanmodelpembelajaranagarsiswatidakbingungdanbanyakbertanyasaatpelaksanaantindakan(3)dalammenerapkanmodelpembelajaranThinkTalkWritediperlukanorganisasidanmanajemenwaktutepatterutamapadasetiaptahapanagarpenerapanmodelpembelajarandapatberjalansecaramaksimal(4)Guruharusbisamengondisikansiswauntukberdiskusipadasaattahaptalkberlangsung.