Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi pemanfaatan lingkungan hidup kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen / Meris

Main Author: Ambarwati, Meris Dila Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53192/
Daftar Isi:
  • AmbarwatiMerisD.A.2014.PenerapanModelPembelajaranThinkPairShare(TPS)UntukMeningkatkanAktivitasBelajardanPemahamanKonsepSiswaPadaMateriPemanfaatanLingkunganHidupKaitanyadenganPembangunanBerkelanjutanMataPelajaranGeografiKelasXIIPS3SMANegeri1Kepanjen.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Ach.FatchanM.PdM.Si(II)PurwantoS.PdM.Si.KataKuncimodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)aktivitasbelajarpemahamankonsep.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadabulanSeptember2013dikelasXIIPS3SMANegeri1Kepanjendiketahuibahwakegiatanpembelajarancenderungdidominasiolehguru(teachercenter).Siswahanyadudukmendengarkanmencatatdiambahkanadasiswayangbermainsendiridantidakmendengarkanketikagurusedangmemberipenjelasansehinggasiswakurangaktifdalammelakukanaktivitasbelajarsepertimengemukakanpendapatberdiskusidantanyajawabdengangurubertanyaataupunmencatathal-halpentingyangdisampaikanolehguru.Hasilobservasidiketahuibahwaaktivitasbelajarsiswatermasukpadakualifikasiaktivititaskurangyaknidenganrata-rataskoraktivitasbelajarkelassebesar627.Hasilnilaiulanganhariandari31siswahanya7siswayangmamputuntasdanmemenuhiSKM(StandarKetuntasanMinimal)sedangkan24siswamendapatkannilaidibawahSKM(StandarKetuntasanMinimal)yangditentukansekolahyaitu76.TujuanpenelitianiniuntukmeningkatkanaktivitasbelajardanpemahamankonsepsiswapadamateripemanfaatanlingkunganhidupkaitanyadenganpembangunanberkelanjutanmatapelajarangeografikelasXIIPS3SMANegeri1Kepanjen.ModelyangdigunakanpadapenelitianiniadalahmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)dandiberlakukanpadakelasXIIPS3semesterIIdiSMANegeri1Kepanjenpadapokokbahasanmateripemanfaatanlingkunganhidupkaitanyadenganpembangunanberkelanjutan.HasilpenelitianmenunjukanbahwaadanyapeningkatanaktivitasbelajardanpemahamankonsepsiswapadamateripemanfaatanlingkunganhidupkaitanyadenganpembangunanberkelanjutanmatapelajarangeografikelasXIIPS3SMANegeri1KepanjensetelahpelaksanaanprosespembelajarandenganmodelTPSpadasiklusIdansiklusII.HasilaktivitasbelajarpadasiklusIrata-ratasebesar69sedangkansiklusIIrata-ratanilaiaktivitasbelajarsebesar772.Peningkatanpadaaktivitasbelajarsebesar82denganpersentasesebesar119%.HasilnilaipemahamankonsepsiklusIrata-ratasebesar809sedangkansiklusIIrata-ratanilaipemahamankonsepsebesar894.Peningkatanpadapemahamankonsepsebesar85denganpersentasesebesar105%.