Pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan kegiatan debate terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi lingkungan hidup siswa SMA / Nila Puspita Sari

Main Author: Sari, Nila Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53185/
Daftar Isi:
  • SariNilaPuspita.2014.PengaruhPenerapanModelPembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)denganKegiatanDebateterhadapKemampuanBerpikirKritisPadaMateriLingkunganHidupSiswaSMA.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AchmadAmirudinM.Pd(II)Drs.MustofaM.Pd.KatakunciModelPembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)debateberpikirkritis.Berpikirkritisdalampembelajarangeografisangatbesarperanannyauntukmeningkatkanproseshasilbelajardanbekaldimasadepan.Solusiidealyangdapatdijadikansebagaipemecahanmasalahdalammerangsangkemampuanberpikirkritissiswadalamkelompokyaknidenganmenggunakanpembelajarankooperatif.SalahsatumodelpembelajarankooperatifyangmelibatkanseluruhsiswauntukaktifdalamkegiatanberpikirdanbekerjasamadalamkelompokyaituNumberedHeadsTogether(NHT).ModelpembelajaranyangdigunakandalampenelitianiniadalahNumberedHeadsTogether(NHT)dengankegiatandebate.ModelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)dengankegiatandebatemerupakanpembelajaranyangmengkombinasikanlangkah-langkahNHTdengankegiatandebate.ModelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)menuntutsiswamengusaimaterimelaluikelompok-kelompokkecildengancaraberpikirdanbekerjasama.Sedangkanintidaripembelajarandebateadalahmemunculkanperanpesertadidikuntukmemecahkanmasalahyangbersifatkontroversial.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)dengankegiatandebateterhadapkemampuanberpikirkritispadamateriLingkunganHidupsiswaSMA.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu(quasyeksperiment)denganpendekatankuantitatif.Subjekpenelitianberjumlah57siswayangterbagidalamduakelasyaitukelasXIIPS2sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS5sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesesaiberjumlah10soaluntukmengukurkemampuanberpikirkritisyangdikembangkanberdasarkanranahkognitifC4danC5terdiridaripretestdanposttest.Teknikanalisisyangdigunakanadalahuji-ttidakberpasangan(IndependentSamplest-Test)denganbantuanSPSS16.00forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanantaranilairata-ratakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilujistatistikyangditerapkandiperolehnilaisignifikansi0000