Penerapan metode problem solving untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI NA Mu'allimat di Kota Malang / Iva Aliya Aini
Main Author: | Aini, Iva Aliya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53181/ |
Daftar Isi:
- AiniIvaAliya.2013.PenerapanMetodeproblemsolvingUntukMeningkatkanHasilBelajarGeografiSiswakelasXIMAMuallimatdiKotaMalang.SkripsiJurusanGeografiProgramStudiPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ach.AmirudinM.Pd.(II)Dr.BudijantoM.SosKataKunciproblemsolvingdanHasilBelajar.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal19dan26Agustus2013dikelasXIMAMuallimatMalangdiketahuibahwadidalamkegiatanpembelajarangurutelahmengaplikasikanbeberapametodepembelajaranmisalnyadiskusitanyajawabdemonstrasidanpemberiantugasdiluarkelastetapisiswamasihterlihatkurangtermotifasisehinggasiswamenjadikurangaktifdidalamkegiatanpembelajaran.Dari48orangsiswayangdianggapaktifdalamkegiatanpembelajaranhanyaada3orangsiswadanyangkurangaktif45orangsiswa.Bilaadapertanyaandariguruhanya3orangsiswatersebutyangmenjawabsedangkan45orangsiswalainnyahanyadiamdanketikagurumemberikankesempatanuntukbertanyakepadagurujarangsekaliadapertanyaandarisiswa.Situasiiniterjadikarenasiswayangmenjawabpertanyaandianggapolehsiswalainnyahanyauntukmencariperhatiansaja.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClasromActionResearch)yangdilaksanakandalam2siklustindakansetiapsiklusterdiriatasduakalipertemuanselama2jampelajaran.SubyekpenelitianyangdigunakandalampenelitiantindakankelasiniyaitusiswakelasXIsemestergenaptahunajaran2013-2014MAMuallimatMalangyangberjumlah48siswa.DalampenelitianinidatayangdiperolehberupahasilbelajarsiswahasilbelajarsiswadiukurberdasarkanselisihtespadasiklusIdengantespadasiklusII.Instrumenyangdigunakanyaitusoaltesobjektifdanesailembarobservasiaktivitassiswadancatatanlapangan.BerdasarkanhasilpenelitiananalisisdatadanpembahasanpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranmodelProblemSolvingdalambidangstudiIPSGeografidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIMAMuallimatKotaMalang.Beberapasaranyangperludipertimbangkanadalahbagaimanakegiatanyangharusdilakukansebelumpelaksanaantindakanguruseharusnyamemberikanarahandanmasukan-masukansertamotivasikepadamuridsupayalebihpercayadiriuntukmengutarakanpendapatnyapadasaatpresentasi.