Perbandingan penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi SMA kelas XI IPS / Wemi Nurcahyani
Main Author: | Nurcahyani, Wemi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53164/ |
Daftar Isi:
- NurcahyaniWemi.2013.PerbandinganPenggunaanModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danTeamGamesTournament(TGT)terhadapHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranGeografiSMAKelasXIIPS.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AchmadAmirudinM.Pd(II)Dr.BudijantoM.SosKataKuncimodelpembelajaranSTADTGThasilbelajarModelpembelajaranmerupakansuatuperencanaanatausuatuyangdigunakansebagaipedomandalammerencanakanpembelajarandikelasyangharusdilaksanakanguruagarsiswabelajarsecaraaktif.Untukmengaktifkankelasguruharusmempunyaicarakreatifgunamembangkitkansemangatsiswa.DalampenelitianinidigunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danTeamGamesTournament(TGT).ModelpembelajaranSTADdanTGTmerupakanmodelpembelajaranyangmengedepankanmetodepembelajarankooperatif.ModelSTADdanTGTmemilikibeberapapersamaandanperbedaanyangmenjadikarakteristikmasing-masingmodel.ModelSTADmenekankanpadakuisindividusedangkanmodelTGTbertumpupadaturnamen.Selainitupersamaankeduamodeliniadalahadanyapembagiankelompoksecaraheterogendanpemberianpenghargaan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbandinganhasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmodelpembelajaranSTADdanTGTpadamatapelajarangeografikelasXIIPS.PenelitianinitermasukdalamquasieksperimenataueksperimensemudimanapenelitiandilaksanakandiSMAArRahmahPutriBoardingSchoolMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpretest-postestcontrolgroupdesign.AnalisisdatapadapenelitianinimenggunakanUjiStatistikParametrikdenganbantuanSPSS16.0forwindows.InstrumenPenelitianinimenggunakansoalobjektifyangdiberikansebelumdansesudahperlakuan.HasildaripretestpadakelasmodelpembelajaranSTADdanTGTsamayaitunilairata-rata7095untukkelasmodelpembelajaranSTADsementaranilairata-rata6911untukkelasmodelpembelajaranTGT.SetelahdilakukanperlakuandenganpenerapanmodelSTADrata-ratanilaisiswamenjadi7832sedangkanpadakelasyangmendapatperlakuandenganmodelTGTnilairata-ratasiswamenjadi7378.Berdasarkanujihipotesisdenganmenggunakanuji-tterhadaphasilbelajargeografididapatkanbahwanilaisignifikansiadalah0384.DarihasiltersebutmakadapatdisimpulkanHoditerimaataudengankatalainberbunyitidakadaperbedaanyangsignifikanantaramenggunakanmodelpembelajaranStudentTeams-AchievementDivisions(STAD)denganmodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranGeografi.SaranyangdapatdiberikandalammenerapkanmodelSTADdanTGTdiantaranyayaitu1)guruperlumengaturpengalokasianwaktuyangrincidantepatpadasaatmerencanakanpembelajaran2)guruharuspandaimengelolakelassupayasiswadapatmengikutisintakyangtelahdirencanakanmenimbulkankegaduhan3)guruharusselalumemotivasisiswa.SedangkansaranbagipenelitilanjutuntukdapatmengujipengaruhmodelpembelajaranSTADdanTGTterhadapvariabel-veriabellainmisalnyapadaminatmotivasiaktivitaskeaktifansiswadsb.