Perbandingan penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi SMA kelas XI IPS / Wemi Nurcahyani

Main Author: Nurcahyani, Wemi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53164/
Daftar Isi:
  • NurcahyaniWemi.2013.PerbandinganPenggunaanModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danTeamGamesTournament(TGT)terhadapHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranGeografiSMAKelasXIIPS.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AchmadAmirudinM.Pd(II)Dr.BudijantoM.SosKataKuncimodelpembelajaranSTADTGThasilbelajarModelpembelajaranmerupakansuatuperencanaanatausuatuyangdigunakansebagaipedomandalammerencanakanpembelajarandikelasyangharusdilaksanakanguruagarsiswabelajarsecaraaktif.Untukmengaktifkankelasguruharusmempunyaicarakreatifgunamembangkitkansemangatsiswa.DalampenelitianinidigunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)danTeamGamesTournament(TGT).ModelpembelajaranSTADdanTGTmerupakanmodelpembelajaranyangmengedepankanmetodepembelajarankooperatif.ModelSTADdanTGTmemilikibeberapapersamaandanperbedaanyangmenjadikarakteristikmasing-masingmodel.ModelSTADmenekankanpadakuisindividusedangkanmodelTGTbertumpupadaturnamen.Selainitupersamaankeduamodeliniadalahadanyapembagiankelompoksecaraheterogendanpemberianpenghargaan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbandinganhasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmodelpembelajaranSTADdanTGTpadamatapelajarangeografikelasXIIPS.PenelitianinitermasukdalamquasieksperimenataueksperimensemudimanapenelitiandilaksanakandiSMAArRahmahPutriBoardingSchoolMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpretest-postestcontrolgroupdesign.AnalisisdatapadapenelitianinimenggunakanUjiStatistikParametrikdenganbantuanSPSS16.0forwindows.InstrumenPenelitianinimenggunakansoalobjektifyangdiberikansebelumdansesudahperlakuan.HasildaripretestpadakelasmodelpembelajaranSTADdanTGTsamayaitunilairata-rata7095untukkelasmodelpembelajaranSTADsementaranilairata-rata6911untukkelasmodelpembelajaranTGT.SetelahdilakukanperlakuandenganpenerapanmodelSTADrata-ratanilaisiswamenjadi7832sedangkanpadakelasyangmendapatperlakuandenganmodelTGTnilairata-ratasiswamenjadi7378.Berdasarkanujihipotesisdenganmenggunakanuji-tterhadaphasilbelajargeografididapatkanbahwanilaisignifikansiadalah0384.DarihasiltersebutmakadapatdisimpulkanHoditerimaataudengankatalainberbunyitidakadaperbedaanyangsignifikanantaramenggunakanmodelpembelajaranStudentTeams-AchievementDivisions(STAD)denganmodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranGeografi.SaranyangdapatdiberikandalammenerapkanmodelSTADdanTGTdiantaranyayaitu1)guruperlumengaturpengalokasianwaktuyangrincidantepatpadasaatmerencanakanpembelajaran2)guruharuspandaimengelolakelassupayasiswadapatmengikutisintakyangtelahdirencanakanmenimbulkankegaduhan3)guruharusselalumemotivasisiswa.SedangkansaranbagipenelitilanjutuntukdapatmengujipengaruhmodelpembelajaranSTADdanTGTterhadapvariabel-veriabellainmisalnyapadaminatmotivasiaktivitaskeaktifansiswadsb.