Pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang / Robith Hasby Rahmana

Main Author: Rahmana, Robith Hasby
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53160/
Daftar Isi:
  • RahmanaRobithHasby.2013.PengaruhPenerapanModelPembelajranTalkingStickterhadapHasilBelajarGeografiSiswaKelasXSMANegeri1TumpangKabupatenMalang.Skripsi.JurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.DwiyonoHariUtomoM.Pd.M.Si.(2)SattiWagistinaS.PM.Si.KataKunciTalkingStickhasilbelajargeografiPembaharuanpembelajaranyangsemulaberpusatpadaguruberalihmenjadiberpusatpadamuridmengubahsistempembelajaranyangawalnyalebihmenekankanpadaketerampilanprosesdankemampuansiswadalammenemukandanmemahamimateripembelajaranyangdipelajari.SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXSMANegeri1TumpangKabupatenMalangadalahdenganmenggunakanmodelpembelajaranTalkingStick.keunggulanmodeliniadalahmengujikesiapansiswamelatihsiswauntukmengungkapkangagasanmeningkatkankesiapansiswadanmenjadikansiswalebihgiatbelajar.TujuanpenelitianiniadalahuntukmenjelaskanpengaruhpenerapanmodelpembelajaranTalkingStickterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXSMANegeri1TumpangKabupatenMalang.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperimen)yangdikembangkandenganpratest-pascatestgroupdesign.SubjekpenelitianiniadalahkelasXIPS2sebagaikelaseksperimendankelasXIPS4sebagaikelaskontrol.Instrumenpadapenelitianberupatessubjektif.Datapadapenelitianiniterdiridaridataprates(kemampuanawalsiswa)datapascates(kemampuanakhirsiswa)dandatagainscorehasilbelajar.Datagainscorediperolehdariselisihantaraskorpascatesdanskorprates.Gainscoretersebutselanjutnyadianalisismenggunakanuji-tyangdiselesaikandenganbantuanSPSS16.00forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratagainscorekelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyakni2479untukkelaseksperimendan1073untukkelaskontrol.Hasilanalisisuji-tmenunjukkanbahwanilaisignifikansebesar000061537(0025)sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenggunaanmodelpembelajaranTalkingStickterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXSMANegeri1TumpangKabupatenMalang.BerdasarkanhasilpenelitianyangsudahdilakukandiSMANegeri1TumpangKabupatenMalangdisarankanbagigurugeografiuntukmenggunakanmodelpembelajaranTalkingSticksebagaivariasimodelpembelajarankarenadapatberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Bagipenelitilainpenelitianinihanyaterbataspadamaterisejarahpembentukanbumiuntukitudisarankanuntukdilakukanpadamateriyanglain.