Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi kelas XI-IPS 3 di SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Wahyu Dini Kustanti
Main Author: | Kustanti, Wahyu Dini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53153/ |
Daftar Isi:
- KustantiWahyuDini.2013.PemanfaatanLingkungansebagaiSumberBelajaruntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarGeografiKelasXIIPS3diSMANILawangKabupatenMalang.Skripsi.JurusanGeografiProgramStudiPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TimotiusSuwarnaM.Pd(II)Dr.AchmadAmirudinM.PdKataKunciLingkunganSumberbelajarKeaktifanHasilbelajarRendahnyakualitaspembelajaranmerupakanbuktiketidakberhasilandalamprosespembelajaran.Salahsatupenyebabnyayaitukurangnyavariasisumberbelajargeografiyangdigunakandalamprosespembelajaran.Haltersebutdapatmempengaruhikeaktifandanhasilbelajarsiswa.Berdasarkanobservasiawaldidapatkandatabahwakeaktifansiswamasihrendahrata-rataskorkeaktifan22denganrentangskor16sampai48.SelainrendahnyakeaktifanbelajarhasilbelajarsiswaKelasXI-IPS3jugarendah.Rata-ratanilaihasilbelajarsiswasudahmencapai65.Namunketuntasanklasikalmasihrendahsebesar1875%.Salahsatucarayangdapatdilakukanuntukmemperbaikipermasalahantersebutadalahpemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajargeografi.RancanganpenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswaKelasXI-IPS3SMANegeri1Lawangdenganjumlahsiswasebanyak32padamateripelestarianlingkungandankaitanyadenganpembangunanberkelanjuatan.Pengumpulandatadalampenelitianinimeliputidokumentasiobservasidantestulis.Instrumenyangdigunakanterdiridarilembarobservasikeaktifansiswasoaltesdanlembarcatatanlapangan.DatayangdiperolehdianalisisdengancaramembandingkanhasilobservasiawaldenganSiklusIdanSiklusIdenganSiklusIIdanseterusnya.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifansiswamengalamipeningkatanpadaobservasiawalrata-rataskorkeaktifanadalah22denganrentangskor16sampai48sedangkanpadaSiklusIterjadipeningkatanmenjadi33danpadaSiklusIImeningkatmenjadi41.Pemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajarjugameningkatkanhasilbelajarsiswa.Rata-ratanilaihasilbelajarsiswapadaobservasiawaladalah65padaSiklusIterjadipeningkatanmenjadi74danpadaSiklusIImeningkatmenjadi79.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajardapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.DisarankanbagigurugeografiSMANegeri1Lawanguntukmenambahvariasisumberbelajarmemakasimalkanlingkungansebagaisumberbelajarperlumemerhatikanmanajemenwaktuyangterstrukturpengorganisasiankelasbaikindividumaupunkelompok.