Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi kelas XI-IPS 3 di SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang / Wahyu Dini Kustanti

Main Author: Kustanti, Wahyu Dini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53153/
Daftar Isi:
  • KustantiWahyuDini.2013.PemanfaatanLingkungansebagaiSumberBelajaruntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarGeografiKelasXIIPS3diSMANILawangKabupatenMalang.Skripsi.JurusanGeografiProgramStudiPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TimotiusSuwarnaM.Pd(II)Dr.AchmadAmirudinM.PdKataKunciLingkunganSumberbelajarKeaktifanHasilbelajarRendahnyakualitaspembelajaranmerupakanbuktiketidakberhasilandalamprosespembelajaran.Salahsatupenyebabnyayaitukurangnyavariasisumberbelajargeografiyangdigunakandalamprosespembelajaran.Haltersebutdapatmempengaruhikeaktifandanhasilbelajarsiswa.Berdasarkanobservasiawaldidapatkandatabahwakeaktifansiswamasihrendahrata-rataskorkeaktifan22denganrentangskor16sampai48.SelainrendahnyakeaktifanbelajarhasilbelajarsiswaKelasXI-IPS3jugarendah.Rata-ratanilaihasilbelajarsiswasudahmencapai65.Namunketuntasanklasikalmasihrendahsebesar1875%.Salahsatucarayangdapatdilakukanuntukmemperbaikipermasalahantersebutadalahpemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajargeografi.RancanganpenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswaKelasXI-IPS3SMANegeri1Lawangdenganjumlahsiswasebanyak32padamateripelestarianlingkungandankaitanyadenganpembangunanberkelanjuatan.Pengumpulandatadalampenelitianinimeliputidokumentasiobservasidantestulis.Instrumenyangdigunakanterdiridarilembarobservasikeaktifansiswasoaltesdanlembarcatatanlapangan.DatayangdiperolehdianalisisdengancaramembandingkanhasilobservasiawaldenganSiklusIdanSiklusIdenganSiklusIIdanseterusnya.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifansiswamengalamipeningkatanpadaobservasiawalrata-rataskorkeaktifanadalah22denganrentangskor16sampai48sedangkanpadaSiklusIterjadipeningkatanmenjadi33danpadaSiklusIImeningkatmenjadi41.Pemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajarjugameningkatkanhasilbelajarsiswa.Rata-ratanilaihasilbelajarsiswapadaobservasiawaladalah65padaSiklusIterjadipeningkatanmenjadi74danpadaSiklusIImeningkatmenjadi79.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajardapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.DisarankanbagigurugeografiSMANegeri1Lawanguntukmenambahvariasisumberbelajarmemakasimalkanlingkungansebagaisumberbelajarperlumemerhatikanmanajemenwaktuyangterstrukturpengorganisasiankelasbaikindividumaupunkelompok.