Hubungan kebiasaan membaca dan minat baca dengan hasil belajar mata pelajaran geografi siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Anggi Perisa Evianti
Main Author: | Evianti, Anggi Perisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53147/ |
Daftar Isi:
- EviantiAnggiPerisa.2013.HubunganKebiasaanMembacadanMinatBacadenganHasilBelajarMataPelajaranGeografiSiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoSoelistijoMSi.(II)Drs.JohanisPaluinBurandaM.Si.KataKunciKebiasaanMembacaMinatBacaHasilBelajarKebiasaanmembacadanminatbacamerupakanfaktoryangdapatmempengaruhihasilbelajar.Efektifitaskegiatanbelajardapattercermindarihasilbelajarsiswanya.Padaumumnyasiswabelajarsemalampadasaatmenjelangulangansertajarangmembacamateripelajaranyangakandansetelahdibahasolehgurudisekolah.DenganmembacasecaraterusmenerussiswaakanlebihmemahamidanmenguasaimateripelajaranGeografisehinggadapatmemperolehhasilbelajaryangtinggi.Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmembuktikanadanyahubunganantarakebiasaanmembacaminatbacasertakebiasaanmembacadanminatbacasecarabersama-samadenganhasilbelajarmatapelajaranGeografisiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahkorelasional.Pengumpulandatadilakukandengankuesionerdandokumentasi.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXdanXIIPSSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangyangberjumlah434siswa.Sampelyangdiambilsebesar109siswadenganmenggunakanproportionalrandomsampling.TeknikanalisisyangdigunakanadalahanalisiskorelasiBerdasarkanhasilanalisisdatasiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangmemilikikebiasaanmembacayangkurangbaikdanminatbacayangrendahsehinggahasilbelajarpadamatapelajaranGeografimasihdibawahstandar.Halinidisebabkankarenaparasiswalebihmemanfaatkanwaktuluangyangdimilikiuntukbermainbersamateman-temandaripadamembacabukupelajaran.Selainitubanyaknyagangguanterutamadarilingkungansepertisuasanayangtidakkondusifuntukbelajarmenyebabkansiswakurangdapatkonsentrasidalammembacabuku.Siswayangmemilikiminatbacayangrendahmakankebiasaanmembacanyapunakankurangbaik.Halinijugaakanberpengaruhterhadaphasilbelajaryangdiperoleh.BerdasarkanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwakebiasaanmembacadanminatbacasiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangmasihkurangbaiksehinggahasilbelajaryangdiperolehmasihdibawahstandar.Olehkarenaitudisarankanuntukgurumatapelajarandanorangtuasiswaagardapatmembangkitkanminatbacasertamenanamkankebiasaanmembacaterhadapbahanbacaankhususnyayangberhubungandenganmateripelajaran.BagisiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangsudahmerupakansuatukewajibanuntukmeningkatkanminatbacadankebiasaanmembacakarenaakanberpengaruhterhadaphasilbelajaryangdiperoleh.