Hubungan kebiasaan membaca dan minat baca dengan hasil belajar mata pelajaran geografi siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Anggi Perisa Evianti

Main Author: Evianti, Anggi Perisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53147/
Daftar Isi:
  • EviantiAnggiPerisa.2013.HubunganKebiasaanMembacadanMinatBacadenganHasilBelajarMataPelajaranGeografiSiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DjokoSoelistijoMSi.(II)Drs.JohanisPaluinBurandaM.Si.KataKunciKebiasaanMembacaMinatBacaHasilBelajarKebiasaanmembacadanminatbacamerupakanfaktoryangdapatmempengaruhihasilbelajar.Efektifitaskegiatanbelajardapattercermindarihasilbelajarsiswanya.Padaumumnyasiswabelajarsemalampadasaatmenjelangulangansertajarangmembacamateripelajaranyangakandansetelahdibahasolehgurudisekolah.DenganmembacasecaraterusmenerussiswaakanlebihmemahamidanmenguasaimateripelajaranGeografisehinggadapatmemperolehhasilbelajaryangtinggi.Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmembuktikanadanyahubunganantarakebiasaanmembacaminatbacasertakebiasaanmembacadanminatbacasecarabersama-samadenganhasilbelajarmatapelajaranGeografisiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahkorelasional.Pengumpulandatadilakukandengankuesionerdandokumentasi.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXdanXIIPSSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangyangberjumlah434siswa.Sampelyangdiambilsebesar109siswadenganmenggunakanproportionalrandomsampling.TeknikanalisisyangdigunakanadalahanalisiskorelasiBerdasarkanhasilanalisisdatasiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangmemilikikebiasaanmembacayangkurangbaikdanminatbacayangrendahsehinggahasilbelajarpadamatapelajaranGeografimasihdibawahstandar.Halinidisebabkankarenaparasiswalebihmemanfaatkanwaktuluangyangdimilikiuntukbermainbersamateman-temandaripadamembacabukupelajaran.Selainitubanyaknyagangguanterutamadarilingkungansepertisuasanayangtidakkondusifuntukbelajarmenyebabkansiswakurangdapatkonsentrasidalammembacabuku.Siswayangmemilikiminatbacayangrendahmakankebiasaanmembacanyapunakankurangbaik.Halinijugaakanberpengaruhterhadaphasilbelajaryangdiperoleh.BerdasarkanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwakebiasaanmembacadanminatbacasiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangmasihkurangbaiksehinggahasilbelajaryangdiperolehmasihdibawahstandar.Olehkarenaitudisarankanuntukgurumatapelajarandanorangtuasiswaagardapatmembangkitkanminatbacasertamenanamkankebiasaanmembacaterhadapbahanbacaankhususnyayangberhubungandenganmateripelajaran.BagisiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangsudahmerupakansuatukewajibanuntukmeningkatkanminatbacadankebiasaanmembacakarenaakanberpengaruhterhadaphasilbelajaryangdiperoleh.