Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berkomunikasi geografi siswa kelas XI SMAN 1 Kauman Tulungagung / Rizki Ayu Nafiah
Main Author: | Nafiah, Rizki Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53146/ |
Daftar Isi:
- AyuRizkiNafiah.2013.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)terhadapKemampuanBerkomunikasiGeografiSiswaKelasXISMAN1KaumanTulungagung.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.BudiHandoyoM.Si(II)Drs.HendriPurwitoM.Si.KataKunciGroupInvestigationKemampuanberkomunikasiGeografiPermasalahandalampembelajaranGeografiselamainiadalahsiswabelummampumengkomunikasikanpengetahuangeografinyasecaraverbaldenganbaik.Siswamemahamikonsepdanmateripembelajarangeografinamuntidaksemuasiswadapatmengungkapkanpengetahuannyatersebut.Halinidikarenakanpembelajarangeografidikelasumumnyahanyamengarahpadaranahkognitifsiswasaja.Pembelajarangeografidikelasbelummampumengembangkanketerampilansiswakhususnyadalamberkomunikasisertabelumdapatmembawaperubahansikapgeografidalamdirisiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahterdapatpengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationterhadapkemampuanberkomunikasigeografisiswa.PenelitianinimerupakanjenispenelitianQuasyEkperimendengansatukelassebagaikelaskontroldansatukelassebagaikelaseksperimen.KelaskontrolmendapatperlakuandenganmodelpembelajarankonvensionalsedangkankelaseksperimenmendapatkanperlakuandenganmodelpembelajaranGI.DesainpenelitianeksperimensemuiniadalahPretestPostestControlGroupDesignyangbertujuanuntukmengetahuikemampuanawalsiswadenganmembandingkankemampuansiswasebelumdansetelahmendapatkanperlakuandenganmodelGI.HasilpenelitianmenunjukkanterdapatpengaruhmodelpembelajaranGroupInvestigationterhadapkemampuanberkomunikasigeografisiswa.Berdasarkanhasildanpembahasandisarankansebagaiberikut(1)untukmeningkatkankemampuanberkomunikasisiswapadamatapelajaranGeografigurumenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationdan(2)bagipenelitilanjutansebaiknyamengembangkanpenelitianmengenaikemampuanberkomunikasisiswakhususnyasecaraverbalpadamatapelajaranlaindenganmodelpembelajaranGroupInvestigation.