Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berkomunikasi geografi siswa kelas XI SMAN 1 Kauman Tulungagung / Rizki Ayu Nafiah

Main Author: Nafiah, Rizki Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53146/
Daftar Isi:
  • AyuRizkiNafiah.2013.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)terhadapKemampuanBerkomunikasiGeografiSiswaKelasXISMAN1KaumanTulungagung.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.BudiHandoyoM.Si(II)Drs.HendriPurwitoM.Si.KataKunciGroupInvestigationKemampuanberkomunikasiGeografiPermasalahandalampembelajaranGeografiselamainiadalahsiswabelummampumengkomunikasikanpengetahuangeografinyasecaraverbaldenganbaik.Siswamemahamikonsepdanmateripembelajarangeografinamuntidaksemuasiswadapatmengungkapkanpengetahuannyatersebut.Halinidikarenakanpembelajarangeografidikelasumumnyahanyamengarahpadaranahkognitifsiswasaja.Pembelajarangeografidikelasbelummampumengembangkanketerampilansiswakhususnyadalamberkomunikasisertabelumdapatmembawaperubahansikapgeografidalamdirisiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahterdapatpengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationterhadapkemampuanberkomunikasigeografisiswa.PenelitianinimerupakanjenispenelitianQuasyEkperimendengansatukelassebagaikelaskontroldansatukelassebagaikelaseksperimen.KelaskontrolmendapatperlakuandenganmodelpembelajarankonvensionalsedangkankelaseksperimenmendapatkanperlakuandenganmodelpembelajaranGI.DesainpenelitianeksperimensemuiniadalahPretestPostestControlGroupDesignyangbertujuanuntukmengetahuikemampuanawalsiswadenganmembandingkankemampuansiswasebelumdansetelahmendapatkanperlakuandenganmodelGI.HasilpenelitianmenunjukkanterdapatpengaruhmodelpembelajaranGroupInvestigationterhadapkemampuanberkomunikasigeografisiswa.Berdasarkanhasildanpembahasandisarankansebagaiberikut(1)untukmeningkatkankemampuanberkomunikasisiswapadamatapelajaranGeografigurumenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationdan(2)bagipenelitilanjutansebaiknyamengembangkanpenelitianmengenaikemampuanberkomunikasisiswakhususnyasecaraverbalpadamatapelajaranlaindenganmodelpembelajaranGroupInvestigation.