Pengaruh model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMAN 1 Gondang Tulungagung pada topik atmosfer / Ratih Dewiyanti
Main Author: | Dewiyanti, Ratih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53136/ |
Daftar Isi:
- DewiyantiRatih.2013.PengaruhModelPembelajaranKooperatifGroupInvestigation(GI)terhadapHasilBelajarGeografiSiswaKelasXSMAN1GondangTulungagungpadaTopikAtmosfer.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MarhadiSlametKistiyantoM.Si(II)BagusSetiabudiWiwohoS.SiM.Si.Katakuncigroupinvestigationhasilbelajargeografiatmosfer12288122881228812288Prosespembelajarandisekolahharusdiperhatikanolehseorangpendidikjikainginmencapaitujuanpendidikanyangdiharapkan.Keberhasilandalamprosespembelajaransangatditentukanolehperanguru.BerdasarkanobservasiyangdilakukandiSMANegeri1GondangTulungagungpembelajaranmasihmenggunakanmetodeceramah(konvensional).Modelpembelajaranyangdigunakanmasihbelumbervariasisertapalingseringdidominasiolehguru(teachercentered).Halinimengakibatkanbanyaksiswayangkurangaktifdalamprosespembelajaransehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswayangrendah.Berdasarkanpermasalahantersebutmakadiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmengaktifkansiswasehinggadapatmeningkatkanhasilbelajar.SalahsatumodelpembelajaranyangsesuaiadalahGroupInvestigation.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranGroupInvestigationterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXSMANegeri1GondangTulungagungpadatopikatmosfer.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(QuasyExperiment)denganrancanganControlGroupPretestPostestDesign.SubjekpenelitianterdiridariduakelasyaitukelasX-6sebagaikelaskontroldankelasX-7sebagaikelaseksperimen.Instrumenpenelitianberupatesyaitupretestdanpostest.Teknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasangan(IndependentSampleTest)yangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.00forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhyangsignifikanmodelpembelajaranGroupInvestigationterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXSMANegeri1GondangTulungagung.DarihasilanalisisdatadiketahuibahwahasilbelajarsiswapadakelaseksperimenyangmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationlebihtinggidaripadakelaskontrolyangyangmenggunakanceramah(konvensional).Nilairata-ratahasilbelajarpadakelaseksperimen2509dan143padakelaskontroldengantarafsignifikansiduaekor0000sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhmodelpembelajaranGroupInvestigationterhadaphasilbelajargeografisiswapadatopikatmosfer.