Pengaruh penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang / Toni Setya Budi
Main Author: | Budi, Toni Setya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53130/ |
Daftar Isi:
- BudiToniSetya.2013.PengaruhPenerapanModelPembelajaranInside-OutsideCircle(IOC)terhadapKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXSMANegeri5Malang.Skripsi.JurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiyonoHariUtomoM.PdM.Si(II)Drs.YusufSuhartoKataKuncimodelpembelajaranIOCTSTSkemampuanberpikirkritis.Modelinside-outsidecircle(IOC)merupakanalternatifuntukmencipta-kansituasidankondisibelajaryangmenyenangkansalingbekerjasamabermaknasertapembelajaranyangdirancanguntuklebihbevariasi.Penerapanmodelinside-outsidecircle(IOC)dalamgeografidapatmenanamkanketerampilansiswauntukmelakukanpengamatanbekerjasamaberpikirkritissiswadanmengembangkansikapsosialsiswadengancarasalingberbagiinformasi.Tujuanpenelitiandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahadapengaruhpenerapanmodelpembelajaraninside-outsidecircle(IOC)terhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXSMANegeri5Malang.Jenispenelitianiniberupapenelitianeksperimensemu(quasiexperimental)denganmenggunakanduakelompokyaitukelompokkelaseksperimendankelompokkelaskontrol.SubjekyangdiambildalampenelitianiniadalahsiswakelasXyaituX-1sebagaikelaseksperimendanX-3sebagaikelaskontrol.Teknikpengumpulandatadiperolehdaritesyangberupapretestdanposttestyangselanjutnyaselisihantarapretestdanposttest(gainscore)inidigunakanuntukpengujianhipotesis.AnalisisdatamenggunakanujitdenganujistatistikIndependentSampelTestdenganbantuanSPSSforWindows.Berdasarkanhasilanalisisdatakelaseksperimenmemilikigainscoresebesar3002danuntukkelaskontrolsebesar893.Hasildalampenelitianinimenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswapadakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyangdapatdilihatdarihasilujit.SehinggadapatdisimpulkanbahwamodelIOCmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapkemampuanberpikirkritissiswaSMANegeri5Malang.