Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X-A SMA PGRI Maospati Kabupateh Magetan / Serce Abrisadesi Yusliana

Main Author: Yusliana, Serce Abrisadesi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53129/
Daftar Isi:
  • YuslianaSerceAbrisadesi.2013.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)untukMeningkatkanKemampuanBerkomunikasidanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranGeografiKelasX-ASMAPGRIMaospatiKabupatenMagetan.Skripsi.JurusanGeografiProgramStudiPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TimotiusSuwarnaM.Pd(II)YuswantiArianiWirahayuM.Si.KataKuncimodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)kemampuanberkomunikasihasilbelajarMasalahyangseringmunculsebagaisalahsatupenyebabrendahnyakualitaspembelajaranadalahpenerapanmodelpembelajaranyangbelummampumenciptakansuasanapembelajaranyangbermakna.Berdasarkanobservasiawaldiketahuibahwarata-rataskorkemampuanberkomunikasisiswasebesar89.Rendahnyakemampuanberkomunikasisiswajugamempengaruhihasilbelajarsiswa.Rata-ratanilaihasilbelajarsiswapadaobservasiawalsebesar569.DiperlukanperubahanmodelpembelajaranagarmeningkatkankemampuanberkomunikasidanpemahamansiswaterhadapmateripelajaranyangjugaakanmeningkatkanhasilbelajarmelaluipenerapanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW).TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanberkomunikasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranGeografiKelasX-ASMAMaospatiKabupatenMagetan.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Datapenelitianberupakemampuanberkomunikasidanhasilbelajarsiswa.SumberdatadalampenelitianiniadalahseluruhsiswaKelasX-Adandokumentasidataulanganharianyangdimilikigurudalamdaftarnilai.Instrumenpenelitianyangdigunakanterdiridarilembarobservasidansoaltes.Teknikpengumpulandataterdiridariobservasitestulisdandokumentasi.DatayangdiperolehdianalisisdenganmembandingkanskorkemampuanberkomunikasidannilaihasilbelajarsiswapadaobservasiawalSiklusISiklusIIdst.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaskorrata-ratakemampuanberkomunikasisiswapadaobservasiawal89.SetelahditerapkanmodelpembelajaranTTWrata-ratakemampuanberkomunikasisiswamengalamipeningkatanmenjadi128padaSiklusIdanmengalamipeningkatanmenjadi184padaSiklusII.PenerapanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)tidakhanyameningkatkankemampuanberkomunikasisiswatetapijugadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Rata-ratanilaihasilbelajarsiswapadaobservasiawal569.SetelahdilakukantindakanpadaSiklusIrata-ratanilaihasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmenjadi753danpadaSiklusIImengalamipeningkatanmenjadi811.ModelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)dapatmeningkatkankemampuanberkomunikasidanhasilbelajarsiswa.GuruGeografiSMAPGRIMaospatiKabupatenMagetandisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)sebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanberkomunikasidanhasilbelajarsiswadenganmemperhatikanmengaturpembagianwaktudenganseimbangantaratahapthinktalkwritemenginformasikanpembagiankelompoksebelumpembelajaranberlangsungmemberikesempatansiswamempelajaripokok-pokokmateridirumahmenganjurkansiswamempelajarimateridaribuku-bukulainyangrelevandanbrowsingdiinternet.