Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X-A SMA PGRI Maospati Kabupateh Magetan / Serce Abrisadesi Yusliana
Main Author: | Yusliana, Serce Abrisadesi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53129/ |
Daftar Isi:
- YuslianaSerceAbrisadesi.2013.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)untukMeningkatkanKemampuanBerkomunikasidanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranGeografiKelasX-ASMAPGRIMaospatiKabupatenMagetan.Skripsi.JurusanGeografiProgramStudiPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TimotiusSuwarnaM.Pd(II)YuswantiArianiWirahayuM.Si.KataKuncimodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)kemampuanberkomunikasihasilbelajarMasalahyangseringmunculsebagaisalahsatupenyebabrendahnyakualitaspembelajaranadalahpenerapanmodelpembelajaranyangbelummampumenciptakansuasanapembelajaranyangbermakna.Berdasarkanobservasiawaldiketahuibahwarata-rataskorkemampuanberkomunikasisiswasebesar89.Rendahnyakemampuanberkomunikasisiswajugamempengaruhihasilbelajarsiswa.Rata-ratanilaihasilbelajarsiswapadaobservasiawalsebesar569.DiperlukanperubahanmodelpembelajaranagarmeningkatkankemampuanberkomunikasidanpemahamansiswaterhadapmateripelajaranyangjugaakanmeningkatkanhasilbelajarmelaluipenerapanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW).TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanberkomunikasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranGeografiKelasX-ASMAMaospatiKabupatenMagetan.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Datapenelitianberupakemampuanberkomunikasidanhasilbelajarsiswa.SumberdatadalampenelitianiniadalahseluruhsiswaKelasX-Adandokumentasidataulanganharianyangdimilikigurudalamdaftarnilai.Instrumenpenelitianyangdigunakanterdiridarilembarobservasidansoaltes.Teknikpengumpulandataterdiridariobservasitestulisdandokumentasi.DatayangdiperolehdianalisisdenganmembandingkanskorkemampuanberkomunikasidannilaihasilbelajarsiswapadaobservasiawalSiklusISiklusIIdst.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaskorrata-ratakemampuanberkomunikasisiswapadaobservasiawal89.SetelahditerapkanmodelpembelajaranTTWrata-ratakemampuanberkomunikasisiswamengalamipeningkatanmenjadi128padaSiklusIdanmengalamipeningkatanmenjadi184padaSiklusII.PenerapanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)tidakhanyameningkatkankemampuanberkomunikasisiswatetapijugadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Rata-ratanilaihasilbelajarsiswapadaobservasiawal569.SetelahdilakukantindakanpadaSiklusIrata-ratanilaihasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmenjadi753danpadaSiklusIImengalamipeningkatanmenjadi811.ModelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)dapatmeningkatkankemampuanberkomunikasidanhasilbelajarsiswa.GuruGeografiSMAPGRIMaospatiKabupatenMagetandisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)sebagaisalahsatualternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanberkomunikasidanhasilbelajarsiswadenganmemperhatikanmengaturpembagianwaktudenganseimbangantaratahapthinktalkwritemenginformasikanpembagiankelompoksebelumpembelajaranberlangsungmemberikesempatansiswamempelajaripokok-pokokmateridirumahmenganjurkansiswamempelajarimateridaribuku-bukulainyangrelevandanbrowsingdiinternet.