Perbandingan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kediri / Melina Oktaviani
Main Author: | Oktaviani, Melina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53122/ |
Daftar Isi:
- OktavianiMelina.2013.PerbandinganModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)danProblemBasedLearning(PBL)terhadapKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXISMANegeri4Kediri.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.DwiyonoHariUtomoM.PdM.Si(2)Drs.J.P.BurandaM.SiKatakunciGroupInvestigationProblemBasedLearningberpikirkritisSalahsatumodelpembelajarankooperatifyangdapatmendukungsiswauntukmelakukanpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered)melaluipengamatanlangsungkepadaobjeksesungguhnyaadalahmodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)danProblemBasedLearning(PBL).Keduamodelpembelajaraninimemilikikarakteristikyanghampirsama.PerbedaanyaadalahpenentuantopikatautemapermasalahanyangakandipelajaripadamodelpembelajaranGroupInvestigationditentukanolehsiswasedangkanpadamodelpembelajaranProblemBasedLearningsiswaharusmemberikansolusiterkaitpermasalahanyangdiberikanolehguru.HasilpenelitianterdahulumenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswayangdiperlakukandenganmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningmengalamipeningkatan.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbandinganmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningterhadapkemampuanberpikirkritissiswa.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianQuasiExperimentwithPre-testPost-testGroupDesigndenganduakelompoksubyekpenelitianyangmemilikikemampuansama(homogen).LokasipenelitianinidilaksanakandiSMAN4Kediri.SampelpenelitianyangterdiridariduakelasyaitukelasXIIPS1yangmendapatkanperlakuanmodelGroupInvestigationdankelasXIIPS3yangmendapatkanperlakuanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Penilaiankemampuanberpikirkritissiswamenggunakanpre-testdanpost-testyangtelahdivalidasidanujireliabilitas.AnalisayangdigunakanadalahIndependentsampelt-test.BerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwaterdapatperbedaankemampuanberpikirkritissiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationdanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.PembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationlebihungguldibandingkandenganmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Haltersebutterbuktidarirata-ratagainscoreyangmenunjukkankelasmodelpembelajaranGroupInvestigationlebihtinggiyaitu8403dibandingkandengankelasmodelpembelajaranProblemBasedLearningsebesar7990.SehinggadapatdisimpulkanbahwakeduamodelpembelajarandapatdigunakansebagaireferensiolehgurumatapelajaranGeografisebagaivariasipembelajaran.