Perbandingan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap berpikir kreatif siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Misbahul Bakhtiar Arifin

Main Author: Arifin, Misbahul Bakhtiar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53119/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelPembelajaranGroupInvestigationModelPembelajaranProblemBasedLearningBerpikirKreatif.Faktapembelajaransaatinimasihberpusatpadaguru(teachercentered)textbookoriented.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatmendukungsiswauntukmelakukanpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered)adalahmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearning.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbandinganmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningterhadapberpikirkreatifsiswaSMApadamatapelajaranGeografi.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianQuasiExperimentwithPre-testPost-testGroupDesigndenganduakelompoksubyekpenelitianyangmemilikikemampuansama(homogen).PenelitianinidilaksanakandiSMANegeri1Lumajang.Sampelpenelitianyangterdiridari2kelasyaitukelasXIIPS2yangmendapatkanperlakuanmodelGroupInvestigationdankelasXIIPS3yangmendapatkanperlakuanmodelProblemBasedLearning.Penilaianberpikirkreatifmenggunakanpre-testdanpost-testyangtelahdivalidasiujireliabilitasujitingkatkesukarandanujidayabeda.AnalisisyangdigunakanadalahIndependentSampelT-Test.HasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanberpikirkreatifsiswaantarapenggunaanmodelpembelajaranGroupInvestigationdenganmodelpembelajaranProblemBasedLearning.PembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationlebihungguldibandingkandenganmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Haltersebutterbuktidarihasilrata-rataberpikirkreatifkelasmodelGroupInvestigationlebihtinggiyaitu8149dibandingkandengankelasmodelProblemBasedLearningsebesar7736.Sehinggadapatdisimpulkanbahwakeduamodelpembelajarandapatdigunakansebagaireferensiolehgurumatapelajarangeografisebagaivariasipembelajaran.DisarankanbagigurumatapelajarangeografiuntukmenerapkanmodelGroupInvestigationdanProblemBasedLearningagarterciptapembelajaranyangbervariasidandapatmenunjangkemampuanyangdimilikisiswauntukberpikirkreatif.BagisekolahdisarankanuntukdapatmemfasilitasiterlaksananyamodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningdengancaramengadakanpelatihanterkaitmodel-modelpembelajarankooperatifdanmodelpembelajaraninovatif.