Perbandingan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap berpikir kreatif siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Misbahul Bakhtiar Arifin
Main Author: | Arifin, Misbahul Bakhtiar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53119/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelPembelajaranGroupInvestigationModelPembelajaranProblemBasedLearningBerpikirKreatif.Faktapembelajaransaatinimasihberpusatpadaguru(teachercentered)textbookoriented.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatmendukungsiswauntukmelakukanpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered)adalahmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearning.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbandinganmodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningterhadapberpikirkreatifsiswaSMApadamatapelajaranGeografi.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianQuasiExperimentwithPre-testPost-testGroupDesigndenganduakelompoksubyekpenelitianyangmemilikikemampuansama(homogen).PenelitianinidilaksanakandiSMANegeri1Lumajang.Sampelpenelitianyangterdiridari2kelasyaitukelasXIIPS2yangmendapatkanperlakuanmodelGroupInvestigationdankelasXIIPS3yangmendapatkanperlakuanmodelProblemBasedLearning.Penilaianberpikirkreatifmenggunakanpre-testdanpost-testyangtelahdivalidasiujireliabilitasujitingkatkesukarandanujidayabeda.AnalisisyangdigunakanadalahIndependentSampelT-Test.HasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanberpikirkreatifsiswaantarapenggunaanmodelpembelajaranGroupInvestigationdenganmodelpembelajaranProblemBasedLearning.PembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationlebihungguldibandingkandenganmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Haltersebutterbuktidarihasilrata-rataberpikirkreatifkelasmodelGroupInvestigationlebihtinggiyaitu8149dibandingkandengankelasmodelProblemBasedLearningsebesar7736.Sehinggadapatdisimpulkanbahwakeduamodelpembelajarandapatdigunakansebagaireferensiolehgurumatapelajarangeografisebagaivariasipembelajaran.DisarankanbagigurumatapelajarangeografiuntukmenerapkanmodelGroupInvestigationdanProblemBasedLearningagarterciptapembelajaranyangbervariasidandapatmenunjangkemampuanyangdimilikisiswauntukberpikirkreatif.BagisekolahdisarankanuntukdapatmemfasilitasiterlaksananyamodelpembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningdengancaramengadakanpelatihanterkaitmodel-modelpembelajarankooperatifdanmodelpembelajaraninovatif.