Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI MAN Malang II Batu / Diami Marisandi

Main Author: Marisandi, Diami
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53114/
Daftar Isi:
  • KatakunciThinkPairShareHasilBelajarGeografiPelestarianLingkunganHidup.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajarankooperatifThinkPairShareterhadaphasilbelajargeografipadamateripelestarianlingkunganhidupsiswakelasXIMANMalangIIBatu.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianyaitukelasXIIPS3sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS1sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupasoaltesesaiuntukpretestdanposttest.Teknikanalisisyangdigunakanadalahuji-t2sampeltidakberpasangandenganmenggunakanprogramSPSS16.0forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhsignifikandarihasilbelajardenganmenggunakanmodelpembelajaranThinkPairSharedengansiswayanghanyabelajardenganmodelpembelajarankonvensional.Rata-ratahasilbelajarsiswakelaseksperimenadalah306sedangkanrata-ratahasilbelajarsiswakelaskontroladalah2071dengansignifikansisebesar0001