Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI MAN Malang II Batu / Diami Marisandi
Main Author: | Marisandi, Diami |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53114/ |
Daftar Isi:
- KatakunciThinkPairShareHasilBelajarGeografiPelestarianLingkunganHidup.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajarankooperatifThinkPairShareterhadaphasilbelajargeografipadamateripelestarianlingkunganhidupsiswakelasXIMANMalangIIBatu.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianyaitukelasXIIPS3sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS1sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupasoaltesesaiuntukpretestdanposttest.Teknikanalisisyangdigunakanadalahuji-t2sampeltidakberpasangandenganmenggunakanprogramSPSS16.0forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapengaruhsignifikandarihasilbelajardenganmenggunakanmodelpembelajaranThinkPairSharedengansiswayanghanyabelajardenganmodelpembelajarankonvensional.Rata-ratahasilbelajarsiswakelaseksperimenadalah306sedangkanrata-ratahasilbelajarsiswakelaskontroladalah2071dengansignifikansisebesar0001