Studi komparasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Islam Malang / Rufina Lestantiyani

Main Author: Lestantiyani, Rufina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53111/
Daftar Isi:
  • KatakuncimodelpembelajaranProblemBasedLearningmodelpembelajaranContextualTeachingandLearninghasilbelajar.Untukmenciptakanpendidikanyangbaikdanbermutumemerlukansuatuprosesyangpanjangberkesinambungandansistematiskearahyanglebihbaik.Upayapemerintahuntukmeningkatkankualitassiswatelahdanterusdiwujudkanmelaluiberbagaipembaharuan.Pembaharuanpadaprosespendidikanpadaumumnyadititikberatkanpadastrategimengajarkarenastrategipembelajaranmerupakanbagianterintegrasidalamkegiatanpembelajaranyangperludilakukangurusecaraberkelanjutan.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodelpembelajaranStudiKomparasiModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)denganModelPembelajaranContextualTeacingandLearning(CTL)TerhadapHasilBelajarSiswaKelasXDiSMAIslamMalang.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsampelduakelasyaitukelasX-Csebagaikelaseksperimen1dankelasX-Dsebagaikelaseksperimen2.Instrumenpenelitianberupatesuntukpretestdanposttest.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdiselesaikandenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.BerdasarkanhasilbelajarsiswadiperolehbahwasecaraumumterjadipeningkatanhasilpembelajaranantarapretestdanposttestdenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL).SedangkanpembelajarandenganmodelpembelajaranContextualTeacingandLearning(CTL)samadenganmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)tidakadaperbedaanyangsignifikanantarakelaseksperimen1dankelaseksperimen2.HalinimenunjukkanbahwapenguasaankompetensipembelajarandenganstrategipembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)denganmodelpembelajaranContextualTeacingandLearning(CTL)adalahsama.Perbedaandiukurdarigainscore(penilaianakhirdikurangkandengankemampuanawal).Hasilanalisisdiketahuibahwagainscoresiswapadakelaseksperimen1memilikirata-ratasebesar384516sedangkankelaseksperimen2memilikirata-ratasebesar376774jadikelaseksperimen1dankelaseksperimen2memilikirata-rathasilbelajarsama.Darihasiluji-tduapihakyangdilakukandapatdiketahuibahwanilaiprobabilitas(sig.2-tailed)0657005makaHOditerimasehinggadapatdisimpulkanbahwatidakadaperbedaanpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdenganmodelpembelajaranContextualTeachingandLearning.