Studi komparasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Islam Malang / Rufina Lestantiyani
Main Author: | Lestantiyani, Rufina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53111/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimodelpembelajaranProblemBasedLearningmodelpembelajaranContextualTeachingandLearninghasilbelajar.Untukmenciptakanpendidikanyangbaikdanbermutumemerlukansuatuprosesyangpanjangberkesinambungandansistematiskearahyanglebihbaik.Upayapemerintahuntukmeningkatkankualitassiswatelahdanterusdiwujudkanmelaluiberbagaipembaharuan.Pembaharuanpadaprosespendidikanpadaumumnyadititikberatkanpadastrategimengajarkarenastrategipembelajaranmerupakanbagianterintegrasidalamkegiatanpembelajaranyangperludilakukangurusecaraberkelanjutan.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodelpembelajaranStudiKomparasiModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)denganModelPembelajaranContextualTeacingandLearning(CTL)TerhadapHasilBelajarSiswaKelasXDiSMAIslamMalang.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsampelduakelasyaitukelasX-Csebagaikelaseksperimen1dankelasX-Dsebagaikelaseksperimen2.Instrumenpenelitianberupatesuntukpretestdanposttest.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdiselesaikandenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forWindows.BerdasarkanhasilbelajarsiswadiperolehbahwasecaraumumterjadipeningkatanhasilpembelajaranantarapretestdanposttestdenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL).SedangkanpembelajarandenganmodelpembelajaranContextualTeacingandLearning(CTL)samadenganmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)tidakadaperbedaanyangsignifikanantarakelaseksperimen1dankelaseksperimen2.HalinimenunjukkanbahwapenguasaankompetensipembelajarandenganstrategipembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)denganmodelpembelajaranContextualTeacingandLearning(CTL)adalahsama.Perbedaandiukurdarigainscore(penilaianakhirdikurangkandengankemampuanawal).Hasilanalisisdiketahuibahwagainscoresiswapadakelaseksperimen1memilikirata-ratasebesar384516sedangkankelaseksperimen2memilikirata-ratasebesar376774jadikelaseksperimen1dankelaseksperimen2memilikirata-rathasilbelajarsama.Darihasiluji-tduapihakyangdilakukandapatdiketahuibahwanilaiprobabilitas(sig.2-tailed)0657005makaHOditerimasehinggadapatdisimpulkanbahwatidakadaperbedaanpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdenganmodelpembelajaranContextualTeachingandLearning.