Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Indri Resdiyanti

Main Author: Resdiyanti, Indri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53102/
Daftar Isi:
  • KataKunciThinkTalkWrite(TTW)KemampuanBerpikirKritisHasilBelajarGeografi.KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)adalahkurikulumoperasionalyangdisusundandilaksanakanolehmasing-masingsatuanpendidikan.Kompetensiyangharusdimilikisiswamencakupranahkognitifefektifdanpsikomotorik.Terkaitdenganranahkognitifpembelajarandiharapkanmampumengembangkankemampuanberpikirkritisaplikatifevaluasi.BerdasarkanhasilobservasiawalkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasXIIPS1diSMAN1Lawangrendah.Selamaprosespembelajarangurumemegangperanyangdominansehinggaguruberfungsisebagaisumberbelajarsiswamenjadikurangmandiridancenderungbergantungpadaguruuntukmendapatkanmateripelajaran.Selainitudalampembelajarangeografilebihbanyakditekankanpadaranahkognitiftingkatpengetahuanpemahamandanpenerapan.Sedangkanpadaranahanalisissintesisdanevaluasiyangdapatmerangsangkemampuanberpikirkritissiswabelumbanyakdilaksanakandalampembelajaran.Halinitampakpadarata-ratanilaiteskemampuanberpikirkritissiswahanya585danrata-ratahasilbelajarsiswahanya623dengandayaserapklasikal37%.Olehkarenaitudiperlukansebuahtindakanuntukmengatasipermasalahantersebut.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW).Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklus.PenelitianinidilakukandikelasXIIPS1SMAN1LawangpadabulanMaretsampaiApril2013.HasilyangdiperolehdalampenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajaranTTWmampumeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasXIIPS1SMANegeri1LawangpadamateriPelestarianLingkunganHidupdalamKaitannyadenganPembangunanBerkelanjutan.Halinidapatdilihatdarinilairata-ratateskemampuanberpikirkritissiswayangmeningkatsebesar186%dariprasikluskesiklusIdan215%darisiklusIkesiklusII.Sedangkanrata-ratahasilbelajarsiswameningkatsebesar164%dariprasikluskesiklusIdan172%darisiklusIkesiklusIIdengandayaserapklasikal867%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankankepadaparagurugeografiuntukmencobamenerapkanmodelTTWsebagaialternatifdalammemecahkanmasalahyangterjadididalamkelaskarenamodelinidapatmeningkatkanpemahamansiswaterhadapmaterimelaluipermasalahannyatayangadadisekitarsiswa.KepadapenelitiselanjutnyaagarmelakukanpenelitiandenganmenerapkanmodelpembelajaranTTWuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarpadamateripembelajaranlain.