Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang / Indri Resdiyanti
Main Author: | Resdiyanti, Indri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53102/ |
Daftar Isi:
- KataKunciThinkTalkWrite(TTW)KemampuanBerpikirKritisHasilBelajarGeografi.KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)adalahkurikulumoperasionalyangdisusundandilaksanakanolehmasing-masingsatuanpendidikan.Kompetensiyangharusdimilikisiswamencakupranahkognitifefektifdanpsikomotorik.Terkaitdenganranahkognitifpembelajarandiharapkanmampumengembangkankemampuanberpikirkritisaplikatifevaluasi.BerdasarkanhasilobservasiawalkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasXIIPS1diSMAN1Lawangrendah.Selamaprosespembelajarangurumemegangperanyangdominansehinggaguruberfungsisebagaisumberbelajarsiswamenjadikurangmandiridancenderungbergantungpadaguruuntukmendapatkanmateripelajaran.Selainitudalampembelajarangeografilebihbanyakditekankanpadaranahkognitiftingkatpengetahuanpemahamandanpenerapan.Sedangkanpadaranahanalisissintesisdanevaluasiyangdapatmerangsangkemampuanberpikirkritissiswabelumbanyakdilaksanakandalampembelajaran.Halinitampakpadarata-ratanilaiteskemampuanberpikirkritissiswahanya585danrata-ratahasilbelajarsiswahanya623dengandayaserapklasikal37%.Olehkarenaitudiperlukansebuahtindakanuntukmengatasipermasalahantersebut.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswadenganmenerapkanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW).Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklus.PenelitianinidilakukandikelasXIIPS1SMAN1LawangpadabulanMaretsampaiApril2013.HasilyangdiperolehdalampenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajaranTTWmampumeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasXIIPS1SMANegeri1LawangpadamateriPelestarianLingkunganHidupdalamKaitannyadenganPembangunanBerkelanjutan.Halinidapatdilihatdarinilairata-ratateskemampuanberpikirkritissiswayangmeningkatsebesar186%dariprasikluskesiklusIdan215%darisiklusIkesiklusII.Sedangkanrata-ratahasilbelajarsiswameningkatsebesar164%dariprasikluskesiklusIdan172%darisiklusIkesiklusIIdengandayaserapklasikal867%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankankepadaparagurugeografiuntukmencobamenerapkanmodelTTWsebagaialternatifdalammemecahkanmasalahyangterjadididalamkelaskarenamodelinidapatmeningkatkanpemahamansiswaterhadapmaterimelaluipermasalahannyatayangadadisekitarsiswa.KepadapenelitiselanjutnyaagarmelakukanpenelitiandenganmenerapkanmodelpembelajaranTTWuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarpadamateripembelajaranlain.