Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi pokok bahasan litosfer kelas X-3 di SMAN 01 Batu / Eka Setyawati
Main Author: | Setyawati, Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53100/ |
Daftar Isi:
- SetyawatiEka.2013.PenerapanModelPembelajaranJigsawuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranGeografiPokokBahasanLitosferKelasX-3diSMAN01Batu.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.MarhadiSlametKristiyantoM.Si(2)Drs.YusufSuhartoKataKunciModelPembelajaranJigsawAktivitasBelajarHasilBelajarPembelajaranseharusnyaberlangsungsecarainteraktifinspiratifmenyenangkanmenantangmemotivasisiswauntukberpartisipasiaktifjustruberlangsungsebaliknyadikelasX-3padamatapelajaranGeografi.BerdasarkanobservasiawalyangdilaksanakanpadabulanAgustus2012dikelasX-3diketahuibahwaaktivitasbelajarsiswakelastersebuttergolongkurang.SelainaktivitasbelajarhasilbelajarsiswapadamatapelajaranGeografijugarendahdenganrata-ratakelas654dandari28siswayangmencapaiKKMhanya8siswa.CaramengatasipermasalahanpembelajarantersebutyaknidenganmenerapkanmodelpembelajaranJigsawyangdipilihkarenasesuaidengankarakteristikmateridankarakteristiksiswakelasX-3.Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikan(1)peningkatanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaranGeografikelasX-3SMANegeri1Batu(2)peningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranGeografiKelasX-3SMANegeri1Batu.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianinidilakukandalan2siklusyangdilaksanakanpadabulanJanuaridanFebruari2013.ModelyangditerapkanadalahmodelpembelajaranJigsawyangdilaksanakanpadapokokbahasanLitosfer.SubjekpenelitianyaitusiswakelasX-3yangberjumlah28siswa.HasilpenelitianmenunjukkanadapeningkatanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasX-3padamatapelajaranGeografi.Peningkatanaktivitasbelajarterhadipadasikluspertamadansikluskedua.Peningkatanhasilbelajarjugaterjadidaripratindakankesikluspertamadandarisikluspertamakesikluskedua.Berdasarkanhasiltersebutsaranyangdiberikanyakni1)modelpembelajaranJigsawbisadigunakansebagaisalahsatucarauntukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaranGeografipokokbahasanLitosfer2)modelpembelajaranJigsawbisadigunakansebagaisalahsatucarauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranGeografipokokbahasanLitosfer.