Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Malang pada mata pelajaran geografi / Ana Sulthonah Mutmainah

Main Author: Mutmainah, Ana Sulthonah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53097/
Daftar Isi:
  • KataKunciPenerapanGroupInvestigationKemampuanBerpikirKritis.Upayapencapaiantujuanpendidikansecarakhususdalamkontekspembelajaranadalahdenganmemberiketeladananmembangunkemauandanmengembangkankreativitassertakemampuanberpikirkritispesertadidik.Kemampuanberpikirkritisdapatdikembangkandalammatapelajarangeografikarenadalammatapelajaraninisiswatidakhanyabelajaruntukmampumenghafalkonsepmelainkanjugamampumenerapkannyadalammemahamisertamenyelesaikanpermasalahandarisuatufenomenayangadadisekitar.BerdasarkanhasilobservasiawalkemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS2diSMAN5Malangrendah.Halinitampakpadarata-ratanilaiteskemampuanberpikirkritissiswahanya65dengandayaserapklasikal7%.Olehkarenaitudiperlukansebuahtindakanuntukmengatasipermasalahantersebut.TujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadenganmenerapkanpembelajaranGroupInvestigation(GI).Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Penelitianiniterdiridari2sikluspembelajaranyangmasing-masingsiklusterdiridari6kalipertemuan.PenelitianinidilakukandikelasXIIPS2SMAN5MalangpadabulanFebruarisampaiMaret2013.HasilyangdiperolehdalampenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajaranGImampumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS2SMANegeri5MalangpadamateriPelestarianLingkunganHidupdalamKaitannyadenganPembangunanBerkelanjutan.Halinidapatdilihatdarinilairata-ratateskemampuanberpikirkritissiswayangmeningkatsebesar1077%dariprasikluskesiklusIdenganrata-ratanilai65padaprasiklusmenjadi72padasiklusI.SedangkandarisiklusIkesiklusIIrata-ratanilaiteskemampuanberpikirkritissiswasemakinmeningkatsebesar153%dengannilairata-rata72padasiklusImenjadi83padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankankepadaparagurugeografiuntukmencobamenerapkanmodeliniagarkualitaspembelajarangeografisemakinmeningkat.KepadapenelitiselanjutnyaagarmelakukanpenelitiandenganmenerapkanmodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)untukmeningkatkankemampuanberpikirkritispadamateripembelajaranlainyangsesuaidenganvariabelsubyekwaktudanmasalahyangberbeda.