Pengaruh model pembelajaran think pair share dengan media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 02 Batu / Desi Anccillina
Main Author: | Anccillina, Desi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53095/ |
Daftar Isi:
- Katakuncithinkpairshare(TPS)mediagambarkemampuanberpikirkritisKemampuansiswadalamberpikirkritisbelumbegitudiperhatikandalampembelajaransedangkanpembelajaranyangdilakukanmenuntutsiswauntukmembangunsendiripemahamannya.Olehkarenaituperluadanyapembelajaranyangdapatmenumbuhkanperanaktifsiswauntukikutsertadalamkegiatanberpikirsehinggasiswadapatberpikirkritis.HaltersebutsesuaiapabilamenerapkanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)denganmediagambar.Keunggulandarimodeliniadalahmenghendakisiswalebihbanyakberpikirbaiksecaraindividumaupunberpasanganmenjawabdansalingmembantuuntukmenyelesaikanpermasalahanyangdisajikandalambentukgambar.Dengandemikiandapatmenumbuhkankemampuanberpikirkritissiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiadakahpengaruhmodelpembelajaranThinkPairSharedenganmediagambarterhadapkemampuanberpikirkritissiswapadamatapelajaranGografikelasXIIPSSMANegeri02Batu.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(semu(QuasiExsperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasXIIPS3sebagaikelasekperimendankelasXIIPS1sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpretestdanposttest.Teknikanalisisyangdigunakanadalahujibedaatauujituntuk2sampeltidakberpasangan(Independentsamplesttest)yangdiselesaikandenganbantuanSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikankemampuanberpikirkritissiswaantarakelasekperimendengankelaskontrol.Hasilanalisisdatadiketahuibahwakemampuanberpikirkritissiswakelasekperimenlebihbaikdibandingkankemampuanberpikirkritissiswakelaskontrol.Rata-ratagainscorekelasekperimensebesar1886sedangkanpadakelaskontrolmemilikirata-ratasebesar1341.Hasilanalisisdenganujitmenunjukkanbahwasignifikansisebesar0004.Dengandemikiannilaisignifikansi0004005makaH0ditolaksehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhmodelpembelajaranThinkPairSharedenganmediagambarterhadapkemampuanberpikirkritissiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagiGurumatapelajaranGeografihendaknyamencobamenerapkanmodelpembelajaranThinkPairSharedenganmediagambarkarenamodeltersebutdapatberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswa.