Penerapan perpaduan model pembelajaran kooperatif numbered heads together dan debate untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis geografi materi lingkungan hidup kelas XI IPS 2 SMA Negeri Ploso Jombang / Debrina Kusuma Wardhani

Main Author: Wardhani, Debrina Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53092/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelpembelajaranNumberedHeadsTogetherdanDebatekemampuanberpikirkritis.Mengacupadapembelajarankonstruktivistikpembelajaranterpusatpadasiswadenganmembangunpengetahuannyasendiri.Ketikasiswaberupayamembangunpengetahuannyasendirisecaratidaklangsungsiswadilatihuntukberpikirsecaramandiridalampenelitianiniadalahberpikirkritis.Untukmenstimulussiswaagarmampumeningkatkankemampuanberpikirkritisnyagurujugaharusdapatmengembangkanmodel-modelpembelajaranyangtepat.UntukituperluditerapkanperpaduanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)danDebateuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisgeografi.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanperpaduanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)danDebatedalammeningkatkankemampuanberpikirkritisgeografimaterilingkunganhidupkelasXIIPS2SMANegeriPlosoJombang.PenelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas(PTK)dengansubjekpenelitiansiswakelasXIIPS2.InstrumenpenelitianiniberupalembarobservasiaktivitaskemampuanberpikirkritisteskemampuanberpikirkritisdanlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranperpaduanmodelNumberedHeadsTogether(NHT)danDebate.Analisisdatayangdigunakanadalahdenganmetodescoringdanpercenting.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaadapeningkatankemampuanberpikirkritisgeografikelasXIIPS2setelahdilakukantindakan.Sebelumtindakanrata-ratakemampuanberpikirkritisgeografisebesar2092%.SetelahdiberitindakanpadasiklusImenjadi7057%.PadasiklusIIrata-ratakemampuanberpikirkritisnaikmenjadi87%.HasilinimembuktikanbahwadenganmenerapkanperpaduanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)danDebatedapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisgeografisiswa.DisarankanbagigurugeografiuntukmenerapkanperpaduanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)danDebatesebagaivariasimodelpembelajarankarenadapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisgeografisiswa.Bagisiswadisarankanuntuklebihaktifdalampembelajarandikelasmengungkpanidesarandantanggapansaatpembelajaranberlangsungkhususnyamatapelajarangeografi.Bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenambahvariabel-variabellainselainkemampuanberpikirkritis.