Penerapan perpaduan model pembelajaran kooperatif numbered heads together dan debate untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis geografi materi lingkungan hidup kelas XI IPS 2 SMA Negeri Ploso Jombang / Debrina Kusuma Wardhani
Main Author: | Wardhani, Debrina Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53092/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajaranNumberedHeadsTogetherdanDebatekemampuanberpikirkritis.Mengacupadapembelajarankonstruktivistikpembelajaranterpusatpadasiswadenganmembangunpengetahuannyasendiri.Ketikasiswaberupayamembangunpengetahuannyasendirisecaratidaklangsungsiswadilatihuntukberpikirsecaramandiridalampenelitianiniadalahberpikirkritis.Untukmenstimulussiswaagarmampumeningkatkankemampuanberpikirkritisnyagurujugaharusdapatmengembangkanmodel-modelpembelajaranyangtepat.UntukituperluditerapkanperpaduanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)danDebateuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisgeografi.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanperpaduanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)danDebatedalammeningkatkankemampuanberpikirkritisgeografimaterilingkunganhidupkelasXIIPS2SMANegeriPlosoJombang.PenelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas(PTK)dengansubjekpenelitiansiswakelasXIIPS2.InstrumenpenelitianiniberupalembarobservasiaktivitaskemampuanberpikirkritisteskemampuanberpikirkritisdanlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranperpaduanmodelNumberedHeadsTogether(NHT)danDebate.Analisisdatayangdigunakanadalahdenganmetodescoringdanpercenting.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaadapeningkatankemampuanberpikirkritisgeografikelasXIIPS2setelahdilakukantindakan.Sebelumtindakanrata-ratakemampuanberpikirkritisgeografisebesar2092%.SetelahdiberitindakanpadasiklusImenjadi7057%.PadasiklusIIrata-ratakemampuanberpikirkritisnaikmenjadi87%.HasilinimembuktikanbahwadenganmenerapkanperpaduanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)danDebatedapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisgeografisiswa.DisarankanbagigurugeografiuntukmenerapkanperpaduanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)danDebatesebagaivariasimodelpembelajarankarenadapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisgeografisiswa.Bagisiswadisarankanuntuklebihaktifdalampembelajarandikelasmengungkpanidesarandantanggapansaatpembelajaranberlangsungkhususnyamatapelajarangeografi.Bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenambahvariabel-variabellainselainkemampuanberpikirkritis.