Pengaruh model pembelajaran kooperatif number head together terhadap hasil belajar siswa pada topik hidrosfer kelas X MAN Malang II Batu / Novita Selviana

Main Author: Selviana, Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53091/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelPembelajaranNumberHeadTogetherhasilbelajarPeningkatanhasilbelajardapatdilakukandenganmeningkatankualitasprosespembelajaran.SalahsatujenismodelpembelajaranyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanhasilbelajaradalahmodelNumberHeadTogether.PembelajaranmenggunakanNumberHeadTogetherterdiridari4faseyaitupenomoranpengajuanpertanyaanberpikirbersamadanpemberianjawaban.Padadasarnyamodelinidapatmeningkatkanpelaksanaanaktivitasbelajarsiswayangberujungpadameningkatnyaketerampilankognitifsiswayaituhasilbelajar.PenelitianinibertujuanuntukmembuktikanpengaruhpenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberHeadTogetherterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXMANMalangIIBatu.Penelitianinidirancangmenggunakanpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasX6sebagaikelaseksperimendankelasX10sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpratesdanpascates.Teknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasangan(IndependentSamplesTest)yangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.00forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhmodelpembelajaranNumberHeadTogetherterhadaphasilbelajargeografisiswadiMANMalangIIBatu.DarihasilanalisisdatadiketahuibahwahasilbelajarsiswapadakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranNumberHeadTogethermemilikirata-ratasebesar3445sedangkanpadakelasyangmenggunakanpembelajarankonvensionalmemilikirata-rata2609denganprobabilitas(sig.)0001sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenerapanmodelpembelajaranNumberHeadTogetherterhadaphasilbelajarGeografisiswapadatopikHidrosfer.Disarankanbagisekolahuntukmemberikandukunganterhadapguru-gurutentangmodelpembelajarankooperatifkhususnyaNumberHeadTogetherdalamkegiatanpembelajaran.BagiguruGeografiuntukmenggunakanmodelpembelajaranNumberHeadTogethersebagaialternatifmodelpembelajarankarenadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.BagipenelitilanjutyangmenelititentangmodelpembelajaranNumberHeadTogetherdisarankanuntukmengelolawaktudenganbaikagarmodelpembelajaranNumberHeadTogetherterlaksanadenganbaik.