Pengaruh model pembelajaran kooperatif number head together terhadap hasil belajar siswa pada topik hidrosfer kelas X MAN Malang II Batu / Novita Selviana
Main Author: | Selviana, Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53091/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelPembelajaranNumberHeadTogetherhasilbelajarPeningkatanhasilbelajardapatdilakukandenganmeningkatankualitasprosespembelajaran.SalahsatujenismodelpembelajaranyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanhasilbelajaradalahmodelNumberHeadTogether.PembelajaranmenggunakanNumberHeadTogetherterdiridari4faseyaitupenomoranpengajuanpertanyaanberpikirbersamadanpemberianjawaban.Padadasarnyamodelinidapatmeningkatkanpelaksanaanaktivitasbelajarsiswayangberujungpadameningkatnyaketerampilankognitifsiswayaituhasilbelajar.PenelitianinibertujuanuntukmembuktikanpengaruhpenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberHeadTogetherterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXMANMalangIIBatu.Penelitianinidirancangmenggunakanpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasX6sebagaikelaseksperimendankelasX10sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpratesdanpascates.Teknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasangan(IndependentSamplesTest)yangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.00forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhmodelpembelajaranNumberHeadTogetherterhadaphasilbelajargeografisiswadiMANMalangIIBatu.DarihasilanalisisdatadiketahuibahwahasilbelajarsiswapadakelasyangmenggunakanmodelpembelajaranNumberHeadTogethermemilikirata-ratasebesar3445sedangkanpadakelasyangmenggunakanpembelajarankonvensionalmemilikirata-rata2609denganprobabilitas(sig.)0001sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenerapanmodelpembelajaranNumberHeadTogetherterhadaphasilbelajarGeografisiswapadatopikHidrosfer.Disarankanbagisekolahuntukmemberikandukunganterhadapguru-gurutentangmodelpembelajarankooperatifkhususnyaNumberHeadTogetherdalamkegiatanpembelajaran.BagiguruGeografiuntukmenggunakanmodelpembelajaranNumberHeadTogethersebagaialternatifmodelpembelajarankarenadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.BagipenelitilanjutyangmenelititentangmodelpembelajaranNumberHeadTogetherdisarankanuntukmengelolawaktudenganbaikagarmodelpembelajaranNumberHeadTogetherterlaksanadenganbaik.