Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas XI B di SMA Islam Watulimo Kabupaten Trenggalek / Dian Ratnasari
Main Author: | Ratnasari, Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53089/ |
Daftar Isi:
- KatakuncikeaktifanbelajarhasilbelajarmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)Perubahanorientasipembelajaranyangsemulaberpusatpadagurusekarangberpusatpadasiswadengantujuanmemperbaikimutupendidikan.NamunkenyataannyabelumsesuaidenganusahatersebutsepertidikelasXI-BSMAIslamWatulimo.Berdasarkanobservasiditemukandatarendahnyakeaktifandanhasilbelajarsiswa.Faktorpenyebabnyaantaralainadalahrendahnyakeaktifansiswasertamodeldanmetodepembelajaranguruyangmembosankan.AlternatifyangdapatdilakukanguruyaitumenggunakanmodelpembelajaranyangmengarahpadapembelajaranindividudankelompoksecaraterprogramsepertimodelpembelajaranTAIkarenaTAIdirancanguntukmengkombinasikanpembelajaranindividudankooperatif.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantujuanmengetahuiapakahTAIdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajar.Subjekpenelitianadalah31siswakelasXI-B.Instrumenpenelitianberupalembarobservasidantes.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptiftabulasitunggalkeaktifandanhasilbelajar.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatankeaktifandanhasilbelajar.Keaktifandanhasilbelajarsecaraklasikalpadapratindakansiklus1dansiklus2adalah6075dan86serta6574dan83.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaTAIdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Saranyangdiajukanuntukkepalasekolahadalahperlunyapenyediaansaranadanprasaranayanglengkapuntukmendukungefektifitaspembelajaran.SedangkanbagigurudisarankanuntukmenggunakanTAIsebagaimodelpembelajaranalternatif.