Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar geografi siswa kelas XI B di SMA Islam Watulimo Kabupaten Trenggalek / Dian Ratnasari

Main Author: Ratnasari, Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53089/
Daftar Isi:
  • KatakuncikeaktifanbelajarhasilbelajarmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)Perubahanorientasipembelajaranyangsemulaberpusatpadagurusekarangberpusatpadasiswadengantujuanmemperbaikimutupendidikan.NamunkenyataannyabelumsesuaidenganusahatersebutsepertidikelasXI-BSMAIslamWatulimo.Berdasarkanobservasiditemukandatarendahnyakeaktifandanhasilbelajarsiswa.Faktorpenyebabnyaantaralainadalahrendahnyakeaktifansiswasertamodeldanmetodepembelajaranguruyangmembosankan.AlternatifyangdapatdilakukanguruyaitumenggunakanmodelpembelajaranyangmengarahpadapembelajaranindividudankelompoksecaraterprogramsepertimodelpembelajaranTAIkarenaTAIdirancanguntukmengkombinasikanpembelajaranindividudankooperatif.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantujuanmengetahuiapakahTAIdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajar.Subjekpenelitianadalah31siswakelasXI-B.Instrumenpenelitianberupalembarobservasidantes.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptiftabulasitunggalkeaktifandanhasilbelajar.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatankeaktifandanhasilbelajar.Keaktifandanhasilbelajarsecaraklasikalpadapratindakansiklus1dansiklus2adalah6075dan86serta6574dan83.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaTAIdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Saranyangdiajukanuntukkepalasekolahadalahperlunyapenyediaansaranadanprasaranayanglengkapuntukmendukungefektifitaspembelajaran.SedangkanbagigurudisarankanuntukmenggunakanTAIsebagaimodelpembelajaranalternatif.