Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kediri / Reni Mustikawati
Main Author: | Mustikawati, Reni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53087/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimodelpembelajaranThinkPairSharehasilbelajarModelpembelajaranmerupakansalahsatufaktoryangmenentukandalamkeberhasilanbelajarsiswa.Pemilihanmodelpembelajaranyangtepatakanmemperbesarpeluangdalampencapaiankeberhasilanbelajar.Pembelajarangeografimemerlukanpemilihanmodelpembelajaranyangtepatuntukefisiensidanefektivitaspembelajaran.SalahsatumodelpembelajaranyangmungkinsesuaiditerapkandalampembelajarngeografiadalahmodelpembelajaranThinkPairShareyangdapatmengembangkankemampuanberpikirsiswa.Modelinimemilikibeberapakelebihanyaitumudahditerapkandalampembelajarandapatmendorongsiswauntuklebihaktifsiswajugalebihbebasmengutarakanpendapatsehinggahasilbelajarmerekameningkat.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranThinkPairShareterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXISMANegeri4Kediri.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasXIIPS5sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS4sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpre-testdanpost-test.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdapatdiselesaikandenganbantuanprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajargeografisiswakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilanalisisdatadiketahuibahwarata-ratahasilbelajarsiswapadakelaseksperimensebesar1992sedangkanpadakelaskontrolsebesar1547.Hasilanalisisdenganmenggunakanujitmenunjukkanbahwasinifikansisebesar0015.Dengandemikiannilaisignifikansi0015005makaHoditolaksehinggadapatdisimpulkanmodelpembelajaranThinkPairShareberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswakelasXISMANegeri4Kediri.Saranyangdiajukanuntukkepalasekolahadalahmemberikanpengetahuankepadaguru-gurutentangmodelpembelajarankooperatifmisalnyaThinkPairSharemelaluipelatihanatauseminardanLessonStudy.BagigurubidangstudiGeografiadalahmenjadikanmodelpembelalaranThinkPairSharesebagaisalahsatualternatifdalamkegiatanpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.BagipenelitianselanjutnyadisarankanuntukmenyusunalokasiwaktudengancermatagarmodelpembelajaranThinkPairSharedapatterlaksanadenganbaikdanmengujicobakanmodelpembelajaranThinkPairSharepadamateriyangberbedadalambidangstudigeografi.