Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kediri / Reni Mustikawati

Main Author: Mustikawati, Reni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53087/
Daftar Isi:
  • KatakuncimodelpembelajaranThinkPairSharehasilbelajarModelpembelajaranmerupakansalahsatufaktoryangmenentukandalamkeberhasilanbelajarsiswa.Pemilihanmodelpembelajaranyangtepatakanmemperbesarpeluangdalampencapaiankeberhasilanbelajar.Pembelajarangeografimemerlukanpemilihanmodelpembelajaranyangtepatuntukefisiensidanefektivitaspembelajaran.SalahsatumodelpembelajaranyangmungkinsesuaiditerapkandalampembelajarngeografiadalahmodelpembelajaranThinkPairShareyangdapatmengembangkankemampuanberpikirsiswa.Modelinimemilikibeberapakelebihanyaitumudahditerapkandalampembelajarandapatmendorongsiswauntuklebihaktifsiswajugalebihbebasmengutarakanpendapatsehinggahasilbelajarmerekameningkat.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranThinkPairShareterhadaphasilbelajargeografisiswakelasXISMANegeri4Kediri.Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasXIIPS5sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS4sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianberupatesuntukpre-testdanpost-test.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujittidakberpasanganyangdapatdiselesaikandenganbantuanprogramSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajargeografisiswakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilanalisisdatadiketahuibahwarata-ratahasilbelajarsiswapadakelaseksperimensebesar1992sedangkanpadakelaskontrolsebesar1547.Hasilanalisisdenganmenggunakanujitmenunjukkanbahwasinifikansisebesar0015.Dengandemikiannilaisignifikansi0015005makaHoditolaksehinggadapatdisimpulkanmodelpembelajaranThinkPairShareberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswakelasXISMANegeri4Kediri.Saranyangdiajukanuntukkepalasekolahadalahmemberikanpengetahuankepadaguru-gurutentangmodelpembelajarankooperatifmisalnyaThinkPairSharemelaluipelatihanatauseminardanLessonStudy.BagigurubidangstudiGeografiadalahmenjadikanmodelpembelalaranThinkPairSharesebagaisalahsatualternatifdalamkegiatanpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.BagipenelitianselanjutnyadisarankanuntukmenyusunalokasiwaktudengancermatagarmodelpembelajaranThinkPairSharedapatterlaksanadenganbaikdanmengujicobakanmodelpembelajaranThinkPairSharepadamateriyangberbedadalambidangstudigeografi.