Peningkatan keaktifan dan hasil belajar geografi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 7 Malang / Nenis Julichah

Main Author: Julichah, Nenis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53086/
Daftar Isi:
  • KatakuncimodelpembelajarankooperatifTeamAssistedIndividualization(TAI)keaktifanhasilbelajarHasilobservasipadatanggal24Juli2012diSMANegeri7MalangdiketahuibahwakelasXIIPS5rata-ratanilaisiswapadamatapelajarangeografihanya7344belummencapaiKKMyaitu880575.HaliniterbuktipersentasekanketuntasanklasikalUTSyangtuntas4375%sebanyak14siswasedangkanyangbelumtuntassekitar5625%sebanyak18siswa.Selainitukeaktifansiswadalamkelaspadaprosespembelajarandenganrata-ratanilaiyaitu3637%sebanyak12siswasedangkansiswayangtidakaktifmencapai6364%sebanyak21siswa.Hasilbelajardankeaktifansiswakurangoptimalkarenakurangkondusifnyakeadaankelasbanyaksiswayangramaipembentukankelompoksiswayangkurangheterogenatauseimbangguruseringmengunakanmetodeceramahkreatifdansiswajarangmendapatpenghargaanhaliniberpengaruhterhadapsemangatdanatusiassiswadalammengikutipelajaran.SehinggapenelitianbertujuanuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajargeografisiswadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTAI.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)bertujuanuntukmemperbaikisuatukeadaanpembelajarandikelasdenganmelakukantindakan-tindakantertentuagarterjadipembaharuanmenujukearahperbaikan.Penelitianinidigunakanuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswayangdihitungdenganmenggunakanpersentase.Tindakanpenelitiandilaksanakandalamduasiklussetiapsiklusterdiriatasduakalipertemuanselama2x45menitdansetiapsiklusterdiridariempatlangkahyaitua)perencanaanb)pelaksanaan/aksic)observasi/pengamatand)refleksi.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIPS5semesterGanjiltahunajaran2012-2013SMANegeri7Malangdenganjumlah33siswapadamaterimemahamisumberdayaalam.Hasilpenelitianmenunjukanbahwakeaktifanbelajardanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.Halinidapatdilihatbahwarata-ratakeaktifanbelajarsiswapadasiklusImencapai6620%dengantarafkeberhasilanCukupmeningkatmenjadi7803%dengantarafkeberhasilanBaiksedangaknuntuknilairata-ratakeaktifankelompokpadasiklusImencapai6466%meningkatmenjadi8021%padasiklusII.HasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadasiklusIketuntasanklasikalhasilbelajarsiswaadalah5333%denganrata-ratanilaiyaitu7400danpadasiklusIImeningkatmenjadi8789%denganrata-ratanilaiyaitu7894.Halinijugaberpengaruhterhadapnilairata-ratasiswamengerjakanLKSyaitupadasiklusImencapai7164meningkatmenjadi7515padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanmodelpembelajarankooperatifTAIdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.DisarankankepadagurugeografiuntukmenerapkanmodelpembelajarankooperatifTAIsebagaisalahsatumodelpembelajaranalternatifagardapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Bagisiswayangmemilikikemampuanakademiklebihtinggidiharapkanselalumembimbingsiswaberkemampuanbawahdansedang.BagipenelitianselanjutnyadisarankanpadamodelTAIadapembimbingandalamsebuahkelompokdarisiswaberkemampuanakademikatassedangdanbawahdengansetiapanggotamemilikiperansendiri-sendiripemberianpenghargaanuntuksetiapkelompokterbaikuntukmembangkitkanantusiasindividumaupunkelompok..