Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar geografi kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar / Rosita Tri Rahayu

Main Author: Rahayu, Rosita Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53083/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelPembelajaranStudentFacilitatorandExplainingHasilBelajarGeografiPenguasaanyangbaikterhadapmateripembelajaranakanberdampakpadahasilbelajargeografisiswasecaramaksimalkhususnyapadamaterihidrosferpokokbahasanperairandarat.SalahsatucarayangdapatdilakukanolehguruuntukmeningkatkanpenguasaanmateripembelajaransecaramaksimalpadasiswaadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining.Modelpembelajaraniniakanmembuatsiswaaktifsebagaifasilitatoryangbertugasmenjelaskanmateripembelajaranpadatemansatukelompoksedangkantemanyanglaindalamkelompokdapatbertanyadanmemberikanpendapat.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFAE)terhadaphasilbelajargeografisiswakelasXdiSMANegeri1KesambenBlitar.PenelitianinimerupakanjenispenelitianQuasyEksperiment(eksperimensemu)denganmengambilsubjekpenelitianberjumlahduakelasyaitukelasX-5sebagaikelaskontroldankelasX-7sebagaikelaseksperimen.Instrumenpenelitianyangdigunakanberupatesuraianyangterdiridari6soaluntukpretestdanposttest.Teknikanalisismenggunakanujittidakberpasangan(IndependentSamplet-Test)denganbantuanSPSS16.00forWindows.Berdasarkanhasilanalisisujitdidapatkannilaiprobabilitas(sig2-tailed)sebesar0037sehingganilaiprobabilitas