Pengaruh model pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 7 Kediri / Puri Dyah Megasari

Main Author: Megasari, Puri Dyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53080/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelpembelajaranTimbalBalikhasilbelajarsiswaPenelitianinimerupakanpenelitianeksperimenyangbertujuanuntukmengujimodelpembelajaranTimbalBalik.LatarbelakangpenelitianinisecaragarisbesarberdasarkanpadabanyaknyapenelitiyangmenggunakanmodelpembelajaranTimbalBalikdankeunggulannya.RumusanmasalahpadapenelitianiniadalahapakahmodelpembelajaranTimbalBalikberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswakelasXSMANegeri7Kediri.HipotesispadapenelitianiniadalahadapengaruhmodelpembelajaranTimbalBalikterhadaphasilbelajarsiswakelasXSMANegeri7Kediri.Penelitiandilakukandenganpenelitiberperansebagaigurudidalamkelasbaikkelaseksperimenataupunkelaskontrol.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXSMANegeri7Kediri.KelasXdiSMANegeri7Kediriberjumlah10kelas.PenelitianinimengambilduakelasyaitukelasX-5sebagikelaseksperimendankelasX-6sebagaikelaskontrol.Instrumendalampenelitianiniterdiridarisoalsubjektifatauesaiyangberjumlahlimasoal.Hasilpenelitianiniadalah(1)PengujianmodelpembelajaranTimbalBalikpadasiswakelasXSMANegeri7terbuktidapatmeningkatkankemampuanmembacasiswayangnantinyajugaberpengaruhpadahasilbelajarsiswasiswadikelompokkanmenjadibeberapakelompokkecilyangmasing-masingkelompokterdiridariempatkomponenutamapadamodelpembelajaranTimbalBaliksetiapkelompokdiberikanempatartikelyangberbedauntukdikerjakansesuaiperandantugas(memprediksimengklarifikasimembuatpertanyaandanmeringkas/merangkum)yangdiberikan(2)HasilbelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranTimbalBalikmengalamipeningkatanhalinidapatdilihatdariprosentasesiswayangmendapatnilaikurangsekalimengalamipenurunanmenjadi0%yangsebelumnyamencapai7419%.Sarandalampenelitianiniadalah(1)BagisekolahuntukmenyarankanpenggunaanmodelpembelajaranTimbalBalikpadaguruterutamagurumatapelajaransastrauntukmemperbaikikemampuanmembacasiswa(2)BagigurupadaindikatoryangmembahastentangperistiwaElNinodanLaNinasertadampaknyabagikeidupansebaiknyalebihditekankanagarsiswamampumenganalisisprosesterjadinyaElNinodanLaNinasertadampaknyabagikehidupan(3)BagipenelitilanjutansebaiknyadapatmengaturwaktupadaRPPsaatmenggunakanmodelpembelajaranTimbalBalikagarterciptapembelajaranyangbaikdanefisien.