Pengaruh model pembelajaran timbal balik (reciprocal teaching) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 7 Kediri / Puri Dyah Megasari
Main Author: | Megasari, Puri Dyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53080/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimodelpembelajaranTimbalBalikhasilbelajarsiswaPenelitianinimerupakanpenelitianeksperimenyangbertujuanuntukmengujimodelpembelajaranTimbalBalik.LatarbelakangpenelitianinisecaragarisbesarberdasarkanpadabanyaknyapenelitiyangmenggunakanmodelpembelajaranTimbalBalikdankeunggulannya.RumusanmasalahpadapenelitianiniadalahapakahmodelpembelajaranTimbalBalikberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswakelasXSMANegeri7Kediri.HipotesispadapenelitianiniadalahadapengaruhmodelpembelajaranTimbalBalikterhadaphasilbelajarsiswakelasXSMANegeri7Kediri.Penelitiandilakukandenganpenelitiberperansebagaigurudidalamkelasbaikkelaseksperimenataupunkelaskontrol.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXSMANegeri7Kediri.KelasXdiSMANegeri7Kediriberjumlah10kelas.PenelitianinimengambilduakelasyaitukelasX-5sebagikelaseksperimendankelasX-6sebagaikelaskontrol.Instrumendalampenelitianiniterdiridarisoalsubjektifatauesaiyangberjumlahlimasoal.Hasilpenelitianiniadalah(1)PengujianmodelpembelajaranTimbalBalikpadasiswakelasXSMANegeri7terbuktidapatmeningkatkankemampuanmembacasiswayangnantinyajugaberpengaruhpadahasilbelajarsiswasiswadikelompokkanmenjadibeberapakelompokkecilyangmasing-masingkelompokterdiridariempatkomponenutamapadamodelpembelajaranTimbalBaliksetiapkelompokdiberikanempatartikelyangberbedauntukdikerjakansesuaiperandantugas(memprediksimengklarifikasimembuatpertanyaandanmeringkas/merangkum)yangdiberikan(2)HasilbelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranTimbalBalikmengalamipeningkatanhalinidapatdilihatdariprosentasesiswayangmendapatnilaikurangsekalimengalamipenurunanmenjadi0%yangsebelumnyamencapai7419%.Sarandalampenelitianiniadalah(1)BagisekolahuntukmenyarankanpenggunaanmodelpembelajaranTimbalBalikpadaguruterutamagurumatapelajaransastrauntukmemperbaikikemampuanmembacasiswa(2)BagigurupadaindikatoryangmembahastentangperistiwaElNinodanLaNinasertadampaknyabagikeidupansebaiknyalebihditekankanagarsiswamampumenganalisisprosesterjadinyaElNinodanLaNinasertadampaknyabagikehidupan(3)BagipenelitilanjutansebaiknyadapatmengaturwaktupadaRPPsaatmenggunakanmodelpembelajaranTimbalBalikagarterciptapembelajaranyangbaikdanefisien.